Liputan Lintas Nasional

Membangkitkan Semangat Belajar, Komunitas FBII Riau Datangi Sekolah Hingga Pelosok Daerah

INDRAGIRI HULU – persbhayangkara.id RIAU

Forum Berbagi Ilmu Indonesia (FBII) Riau Chapter kembali taja kegiatan Ruang Bakti Pendidikan (RBP) untuk keempat kalinya dengan slogan “Ruang Bakti Pendidikan #Vol4 untuk Pendidikan Lebih Baik”.

Bertempat di Desa Polak Pisang, Kecamatan Kalayang, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, FBII bersama para relawan menghabiskan waktu selama 5 hari.

Kegiatan ini dimulai sejak 14 Agustus hingga 18 Agustus 2019 lalu.

Perjalanan para relawan dari Pekanbaru menuju Desa Polak Pisang menghabiskan waktu kurang lebih 7 jam perjalanan darat dengan menggunakan bus.

Masih seperti vol sebelumnya, Ruang Bakti Pendidikan #Vol4 diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari Siswa SMA, Mahasiswa hingga pekerja.

Mereka adalah orang – orang yang rela meluangkan waktu berharganya untuk mengabdi dibidang pendidikan.

“Untuk Vol4 ini kita menerima sebanyak 45 relawan. Disini kita ingin memaksimalkan tenaga yang ada supaya semua bisa turut bekerjasama tanpa terkecuali. Dari data terakhir yang saya terima ada 214 pendaftar tapi memang kita hanya memilih 45 orang saja,” ujar Ivan Oktabi selaku ketua umum FBII.

Sebagai komunitas yang berfokus pada dunia pendidikan, dalam kegiatan ini para relawan memiliki tugas utama untuk berbagi ilmunya lewat mengajar.

Kegiatan belajar mengajar inipun dilaksanakan di SDN 008 Polak Pisang.

Semangat belajar yang masih rendah dari anak-anak disana, membuat FBII memilih sekolah tersebut sebagai tempat mereka berbagi.

FBII ingin membangkitkan semangat belajar siswa disana dan memotivasi mereka agar memiliki cita cita yang tinggi.

Dalam menjalankan pengabdiannya, berbagai kesulitan pun kerap kali dirasakan oleh para relawan.

Mulai dari jaringan internet yang hilang timbul hingga keterbatasan air bersih yang mengharuskan mereka untuk mandi dan mencuci disungai.

Sedikit berbeda dari kegiatan sebelumnya, RBP kali ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74.

Hal ini pun dimanfaatkan oleh para relawan dengan mengajak siswa SDN 008 mengikuti upacara untuk pertama kalinya.

Tak cukup sampai disitu, berbagai perlombaanpun diadakan untuk membangkitkan semarak kemerdekaan di desa tersebut.

Al Zikri yang merupakan Ketua pelaksana Ruang Bakti Pendidikan #Vol4 mengaku bangga melihat semangat dari para rekannya sesama relawan pendidikan.

Dia pun turut berterimakasih kepada para donatur yang turut berperan besar dalam terlaksananya RBP #Vol4 ini.

“Saya terharu sekaligus bangga menyadari bahwa masih banyak orang yang peduli dengan pendidikan anak-anak Indonesia. Saya juga sangat berterimakasih kepada semua pihak yang turut serta dalam pelaksanaan RBP ini, baik itu kepada para donatur yang telah menyisikan sebagaian rejekinya maupun kepada para relawan yang telah berjuang keras dalam pelaksanaan dan pemberian hasil donasi tersebut,” ujar Zikri
Farida, S.Pd selaku kepala sekolah mengucapkan banyak terimakasih kepada para relawan yang telah sudi mampir ke SDN 008 polak pisang, harapannya dengan adanya kakak – kakak dari forum berbagi ilmu Indonesia dapat membangkitkan semangat dan niat belajar anak – anak SDN 008 Polak pisang, dan kebetulan team relawan laki – laki tinggal di rumah Ibu farida yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SDN 008 Polak pisang.

Ketua Umum FBII, Ivan Oktabi berharap kedepannya Makin banyak orang – orang yang turut serta peduli terhadap pendidikan anak Indonesia, baik itu menjadi relawan ataupun menjadi donatur.

Kedepannya juga diharapkan muncul kepedulian pemerintah terhadap laporan – laporan yang masuk mengenai infrastruktur di sekolah.

Untuk mengetahui seputar Forum Berbagi Ilmu Indonesia bisa dilihat di Media Sosial Instagram @FBI_Forumberbagiilmu.

***(Mirza/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top