Liputan Lintas Nasional

Kecamatan Lawang Rayakan HUT RI ke-74, Gelar Lomba Pawai Baris Berbaris

MALANG – persbhayangkara JAWA TIMUR 22/08/2019

Memperingati HUT RI ke-74, Kecamatan Lawang kabupaten malang menggelar Lomba Pawai Baris – Berbaris berkumpul di Stadion Lawang dari mulai pagi pukul 06.00 WIB dilanjutkan jalan sekitar pukul 11.00 WIB menuju panggung penghormatan yang berada di simpang Taman Makam Pahlawan Kelurahan Lawang, sampai finis di Pujasera Lawang.

Diikuti oleh tingkat SD sebanyak 71 tim peserta, SMP sebanyak 33 tim peserta, SMA 20 tim peserta, di ikuti Drum band sebanyak 8 peserta.

Camat Lawang Mumuk”, mengungkapkan”, kegiatan kali ini merupakan satu rangkaian dari HUT RI. Dirinya sebagai orang baru cukup kaget ternyata antusiasme peserta dan masyarakat atau penonton sangat bagus.

Terutama kreasi – kreasinya, dia berharap untuk kedepan akan berkomunikasi dengan dengan masyarakat terkait rencana kreasi – kreasi tersebut yang bisa membawa nilai – nilai lebih bagi Kecamatan Lawang, yang pasti kedepannya akan lebih meriah lagi, terutama nanti dengan ada Drum band-nya,” pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Drs. Aris Junaedi, selaku ketua panitia Pawai Baris – Berbaris (PBB) mengatakan, dalam kegiatan kali ini adalah SDM UNGGUL INDONESIA MAJU tapi secara khusus jujur tetap kita laksanakan.

Pawai Baris Berbaris (PBB) untuk mengembalikan lagi jiwa – jiwa kebangsaan Indonesia terutama pada adik – adik kita mulai dari SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan secara umum, karena dengan Pawai Baris – Berbaris ini kita harus dilatih mulai dari kekompakan, kedisiplinan dalam gerak dan langkah variasinya insyaallah setelah ini akan terbentuk jiwa korsa, inilah bentuk dari nilai – nilai jiwa kebangsaan,” tuturnya.

Ada 3 golongan perlombaan Pawai Baris berbaris, dari tingkat SD sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat, Perguruan Tinggi plus Umum, diambil juara 1, 2 dan 3, sedangkan penilaian dari segi kekompakan, peraturan baris – berbaris, kedisiplinan, seragam dan variasi berbaris. Namun itu tidak terlalu seknifikan yang terpenting ketertiban di jalan, kekompakan dalam peraturan baris – berbaris yang telah ditentukan.

“Melihat dari anime, kita menginginkan kedepannya lomba ketangkasan baris – berbaris, beda sifatnya bukan pawai, jadi ketangkasan itu betul – betul menguasai peraturan baris – berbaris, karena setelah ini tidak diajarkan lagi. Kemudian setelah ini juga ada Drum band namun sifatnya exebisi tapi kita ambil juara 1, 2 dan 3 tapi dilombakan dulu baru exebisi, untuk penilaiannya kita minta bantuan untuk menilai dari PDBI kebetulan beliau sudah pernah menjadi juri Nasional,” pungkasnya.

Dalam lomba Pawai baris berbaris ini juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Lawang dan tokoh masyarakat, juga sebagian Ormas yang ada di Kecamatan Lawang serta ratusan ribu penonton yang hadir disepanjang rute baris berbaris.
Kelompok putra tingkat SD dimenangkan oleh, Juara l SDK Fransiskus Lawang, Juara II SDN Kalirejo 1, Juara lll SD Ummu aiman Lawang.

Kelompok putri tingkat SD dimenangkan oleh, Juara l SDK Fransiskus Lawang, Juara II SDN Sidodadi 1 Lawang, Juara lll SDN Sumberporong 1 Lawang.

Kelompok putra tingkat SMP dimenangkan oleh, Juara l SMPK Budi Mulia Lawang, Juara ll SMPN 1 Lawang, Juara lll MTSN 1 Lawang.

Kelompok putri tingkat SMP dimenangkan oleh, Juara l SMPN 1 Lawang, Juara II MTSN 1 Lawang, Juara lll SMPN 2 Lawang.
Kelompok putra tingkat SMA, Juara l SMAN 1 Lawang, Juara II SMA Ma’arif Lawang, Juara lll SMA PGRI 1 Lawang. Kelompok putri tingkat SMA dimenangkan oleh, Juara l SMAN 1 Lawang, Juara II SMA Ma’arif Lawang, Juara lll SMA Ma’arif Lawang.

Drum band tingkat SD dimenangkan oleh, Juara l SDN Kalirejo 1 Lawang, Juara II SDN Kalirejo 5 Lawang, Juara lll SDN 2 Lawang. Drum band tingkat SMP dimenangkan oleh, Juara l SMP Ma’arif Lawang, Juara II MTSN 1 Lawang. Drum band tingkat SMA dimenangkan oleh, juara 1 SMK Kosgoro Lawang, Juara II SMK Kartika Lawang. (Tt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top