Liputan Seputar TNI

Dari Perbatasan Utara NKRI, Lanal Melonguane Upacara HUT TNI AL ke 74

TALAUD – persbhayangkara.id SULAWESI UTARA

HUT TNI Angkatan Laut ke 74 juga di peringati oleh Para Prajurit Matra Laut yang bertugas di Perbatasan utara Indonesia – Filipina, dengan menggelar Upacara Peringatan di Markas Komando Lanal Melonguane, Selasa (10/09/2019)

Bertindak sebagai Irup Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba yang turut membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Diuraikan, selama 74 Tahun TNI AL telah menunjukan dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis dan strategis. Sesuai Pasal 9 Undang – Undang Nomor 34 Tahun Tentang TNI, telah diatur 5 tugas Angkatan Laut.

” Yakni bidang pertahanan matra laut, penegakkan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan maritim, dan pembinaan wilayah pertahanan laut,” ujar Danlanal sembari menambahkan beberapa langkah dan strategi baru telah diterapkan agar secara efektif dapat memenuhi komitmen TNI AL kepada bangsa dan negara.

Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba Saat Membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji

” Komitmen ini ditujukan untuk membuat struktur kekuatan angkatan laut agar lebih efisien dan selalu berorientasi pada hasil serta kesiapan operasi,” ucapnya

Secara terperinci Purba mengatakan, mewujudkan sebuah kekuatan angkatan laut yang profesional dan modern, tentunya dimulai dari bidang perencanaan pembangunan kekuatan. Modernisasi alutista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaan strategis angkatan laut 5 tahun ke depan.

” Sehingga tepat kiranya pada peringatan HUT kali ini, tema yang diambil yaitu Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju,” terangnya

Tampil sebagai Komadan Upacara dan Perwira Upacara masing – masing adalah Danposal Talaud Lettu Laut ( S ) Junaidi Abdillah dan KKM KAL Pulau Karakelang Lettu Laut ( T ) Eddy Prasojo.

Usai upacara, pemotongan tumpeng ulang tahun dan foto bersama menjadi bagian dari HUT TNI AL ke 74 di Beranda utara NKRI.

sebelumnya, Lanal Melonguane telah melaksanakan baksos bersih – bersih pantai dan penanaman 4.000 pohon produktif di Kecamatan Beo menjelang peringatan HUT TNI. (w2n)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top