Liputan Seputar TNI

Jelang HUT Ke – 73 Jalasenastri Gelar Bhakti Pengabdian Spesialis THT – KL Dan Seminar Kesehatan

SURABAYA – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji Sabtu,(3/8) melaksanakan kunjungan ke beberapa pasien yang sedang rawat inap di Paviliun II RSAL Dr Ramelan Surabaya, kunjungan tersebut dalam rangka memperingati HUT Jalasenastri yang akan jatuh pada 27 Agustus mendatang.

Salah satu pasien Pradifa usia 3 tahun sedang menderita penyakit profound hearing loss mendapat kunjungan yang pertama kali disusul beberapa anggota keluarga dan ada juga prajurit TNI AL yang berada di Paviliun II.

Beberapa pasien yang sedang mengalami gangguan THT – KL mendapat perhatian khusus dari Istri orang nomor wakhid di TNI AL, selama berkunjung di RS Dr Ramelan Surabaya di dampingi Ny. Cici Wuspo Lukito (istri Wakasal), Ketua Daerah Armada II Ny. Dien Mintoro Yulianto, Karumkital Dr Ramelan Laksma TNI dr. Ahmad Samsulhadi serta pengurus Jalasenastri Bakor Wilayah Surabaya dan Jalasenastri UPT Mabesal.

Bhakti Pengabdian Spesialis THT – KL dalam rangka HUT Jalasenastri ke -73 tahun 2019 ini akan dilaksanakan selama 3 hari (2 – 4 Agustus) dengan jumlah 40 pasien THT, ada 8 pasien anak – anak khusus yang mengalami gangguan telinga, (1 anak anggota TNI AL dan 7 keluarga umum/ non TNI-AL).

Kesemua akan mendapatkan pelayanan secara gratis dan dikerjakan oleh kurang lebih 40 dokter spesialis THT dari seluruh Indonesia yang sekarang ini sudah berkumpul di RS dr Ramelan Surabaya.

Menurut Ketum Jalasenastri yang juga sebagai Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah.

“Saat ini perhatian sedang di tujukan kepada anak – anak balita yang sedang mengalami gangguan pendengaran terutama anak-anak anggota, karena kalau tidak diperhatikan kasihan untuk kehidupan selanjutnya, bahkan menurut para ahli, dunia ini akan menjadi sepi.” paparnya.

Seusai peninjauan ke Paviliun II seluruh rombongan melanjutkan Seminar Awam THT – KL Update di Gedung Serba Guna Lantai 4 FK UHT yang berada satu komplek dengan RSAL Dr. Ramelan Surabaya.

Pembukaan Seminar secara resmi di tandai sengan pemukulan gong oleh Ketum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Suka Adji di damping Ny. Cici Wuspo Lukito (istri Wakasal), Karumkital dr Ramelan Laksma TNI dr Ahmad Samsulhadi dan para dokter spesialis THT.

Dalam amanatnya Ketua Umum Jalasenastri menyampaikan bahwa, dalam rangka HUT Jalasenastri ke – 73, Jalasenastri bekerja sama dengan Rumkital Dr. Ramelan, FK UHT, Pengurus Pusat PERHATI (Perhimpunan Ahli Ilmu Penyakit THT Indonesia), Perhati – KL Jatim Utara, PGPKT (Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian) menyelenggarakan rangkaian kegiatan sosial sebagai wujud pengabdian bidang kesehatan yaitu dalam bentuk seminar, operasi THT dan peresmian paguyuban Tunalaring.

Tingginya prevalensi penyakit THT – KL di Indonesia dan gangguan pendengaran mencapai angka 16,8 % (sumber : Kemenkes RI).

Adapun yang melatarbelakangi diselenggarakan kegiatan ini, sehingga harapannya antrian operasi THT yang cukup lama yaitu 2 – 3 bulan dapat teratasi, transfer teknilogi, ilmu pengetahuan dan pengalaman antara dokter THT senior kepada yunior serta Bhakti Pengabdian Perhati – KL.

Gangguan tersebut disebabkan karena OMSK, Tuli bawaan, tuli akibat bising pada pekerjaan dengan lingkungan bising, tulinusia lanjut, tuli akibat obat ototoksik, tuli mendadak dan lain – lain.

Dampak ketulian tersebut terjadinya gangguan komunikasi, gangguan psikis, menyendiri, rendah diri secara ekonomi memerlukan biaya hidup yang lebih tinggi untuk alat – alat bantu tersebut.

Pelaksanaan seminar terdiri dari dua sesi, sesi pertama topik “THT – KL Uopdate 2019 disampaikan oleh Dr. Soekirman, Soekin, Sp.T.H.T.K.L.(K), M.Kes dengan moderator Dr. Hably Warganegara, Sp.T.H.T.K.L

Dan seminar di sesi ke dua dengan topik “Efek Psikologis dan Sosial Penggunaan Gadget serta Media Sosial “ dengan nara sumber Prof Dra. Rachmah Ida M.Com., Ph.D dari ( FISIOP Unair) serta moderator Dyah Pemanasari, S.Psi.

Seminar di hadiri oleh ratusan anggota Jalasenantri yang terdiri dari Jalasnastri dari Pengurus Pusat, Jalasenastri Bakor Wilayah Surabaya (Armada II, Kodiklatal, CBS AAL, Korcab Pusnerbal, Lantamal V, Pasmar 2 dan SBS STTAL), Jalasenastri UPT Mabesal Surabaya terdiri dari (Dispsial, RSAL, Balur Jatim, Lakesla, Labinlek, Labinsen, Arsenal, Labinkimat, Satharkap, Satlaikmattim dan Dopusbektim.

Sementara itu perwakilan dari mahasiswa mencakup UHT, FK Univ Widya Mandala, Stikes Hang Tuah.

Tidak ketinggalan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya yang dimotori langsung oleh Ketuanya Drs. SD Seputra S.K.M.,M.M serta beberapa guru pendampingnya mengirimkan perwakilan siswa SMA Hang Tuah 2, SMA Hang Tuah 4, SMA Hang Tuah 5, SMK KAL-1 Kodiklatal, dan SMK KAL-2 dan Sekesal. ***(mirza/rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top