Liputan Seputar Layanan Publik

Mesin Pembayaran di Gerbang Tol Kejapanan Macet, Pemakai Jalan Tol Diminta Bayar Tunai

PASURUAN – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

17/10/2024, Seiring era Digital dan Gencarnya Proyek Perkembangan Jalan Tol, khususnya di Pulau Jawa, ternyata kurang diiringi kesiapan pengelola Tol dalam menyediakan sarana Jalan Tol, khususnya terkait Masalah Pembayaran tarip Tol di Gardu atau Gerbang Tol.

Seperti yang terjadi di Gerbang Tol Kejapanan Gempol-Pasuruan. Diindikasi Mesin Pembayaran di Jalan Tol yang dikelola PT.Jasa Marga ini Macet Rabu Pagi (16/10) Pemakai Jalan Tol tidak bisa melakukan pembayaran Tol secara lancar.

Pemakai Jalan Tol terpaksa harus berlama-lama di Gardu Tol karena menunggu penjelasan dari Petugas Tol. Bahkan karena tidak bisa melakukan pembayaran dengan Kartu e-Tol, pemakai jalan tol diminta membayar dengan menggunakan uang tunai ke petugas jaga di Gardu Tol tersebut.

Kondisi ini dialami Pramono Putra, salah satu pemakai jalan tol warga Sidoarjo-Jawa Timur saat melakukan pembayaran Tol di Gardu Tol Kejapanan Gempol-Pasuruan Rabu pagi (16/10).

Diindikasi Mesin Pembayaran Macet, Pria yang juga seorang jurnalis Sebuah Media TV Nasional ini terpaksa menunggu di Gardu Tol akibat mesin pembayaran Tol macet. Petugas Tol yang berada disekitar Gardu yang berusaha membantu proses pembayaran saat penempelan Kartu Tol tidak bisa berbuat banyak karena memang Mesin Pembayaran Tol yang macet.

Petugas Tol akhirnya memintanya untuk melakukan pembayaran dengan uang tunai senilai 22 ribu rupiah ke Petugas, sesuai tarip Tol Pandaan-Gempol.

Seorang Petugas Wanita yang nenggunakan rompi Biru bertulisan Jasa Marga hanya menyatakan, mesin pembayaran tol rusak karena panas.

Terkait kondisi ini, selain menunggu lama di Gardu Tol, pemakai jalan tol juga sempat malu karena diklakson oleh pemakai jalan tol lain yang antri dibelakangnya.

“ Saya terus terang saja gak enak dengan pemakai jalan tol dibelakang saya, karena dikira saldo kartu Tol kita habis. Padahal berhenti bukan karena kehabisan saldo kartu Tol, namun karena mesin pembayaran Tol yang macet,” ujar Pram, panggilan akrab pria warga Sidoarjo itu.

Sementara terkait keluhan pemakai Jalan Tol di Gerbang Tol Kejapanan Gempol-Pasuruan ini, pihak PT.Jasa Marga selaku pengelola jalan Tol Surabaya-Gempol menjanjikan akan menindaklanjuti keluhan tersebut.

Melalui Informasi Group WhatsApp Info Media Tol Jatim, Agus Susilo selaku Senior Manager Representative Office 3 menjelaskan langkah yang dilakukan jika mesin gardu mengalami kendala, “Jika mesin transaksi mengalami kendala, dan untuk menghindari antrian gerbang, petugas diharapkan tanggap melakukan perbaikan serta bila perlu memberlakukan buka tutup gardu hingga gardu dapat berfungsi normal kembali,” ujarnya.

PT Jasamarga Transjawa Tol memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas kejadian ini. Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, pastikan kondisi kendaraan laik jalan, saldo uang elektronik cukup, mengisi daya dan bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Selalu berhati-hati dan menaati rambu-rambu lalu lintas. Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Paling Populer dalam 30 hari

To Top