Seputar TNI & POLRI

Lantamal VIII Bersama PT PLN UIW Suluttenggo Laksanakan Giat Penanaman 7000 Manggrove

MANADO – persbhayangkara.id SULAWESI UTARA

10 Juni 2022, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado memprakarsai penanaman mangrove di Desa Maen, Likupang, Minahasa Utara. Penanaman mangrove tersebut dilakukan secara simbolis oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka didampingi Ketua Koordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Herny Nouldy Tangka dan GM PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo Bapak Leo Basuki. Jumat (10/6).

Penanaman 7.000 mangrove di Desa Maen tersebut merupakan kerja sama antara Lantamal VIII dengan PT PLN Persero UIW Suluttenggo untuk membantu masyarakat yang berada di Desa Maen mengatasi masalah abrasi pantai yang sering terjadi.

Danlantamal VIII dalam sambutannya menyampaikan bahwa kepedulian terhadap lingkungan sekitar merupakan salah satu wujud dari kemanunggalan TNI dan rakyat, salah satunya dengan menggelar kegiatan penanaman pohon mangrove di Desa Maen.

Menurut Danlantamal VIII mangrove memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat mencegah abrasi air laut, tempat hidup dan berkembangnya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. Dari segi ekonomi dapat dijadikan sebagai tempat objek wisata yang dapat menambah penghasilan masyarakat sekitar, tutur Danlantamal VIII.

Menghakhiri sambutannya, Danlantamal VIII mengucapkan terima kasih kepada PT. PLN (Persero) UIW Suluttenggo, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara serta aparat Kecamatan Likupang Timur dan semua pihak yang telah berpartisipasi, sehingga kegiatan penanaman mangrove dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Penanaman mangrove dilakukan secara simbolis di pesisir pantai Maen setelah itu akan dilanjutkan penanaman sebanyak 7.000 mangrove yang dibagi dalam dua tahap pelaksanaan. Untuk tahap pertama akan ditanam sebanyak 2.000 mangrove dan tahap kedua sebanyak 5.000 mangrove yang proses penanamannya diperkirakan memakan waktu dua minggu dan dilakukan Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal VIII bersama-sama dengan seluruh elemen masyarakat Desa Maen.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Para Asisten Danlantamal VIII, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja Lantamal VIII, Pengurus Korcab VIII DJA II, Hukum Tua Desa Maen serta masyarakat Desa Maen.

Published : Aldri Okay

Sumber : Penlantamal VIII

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top