Kronik polri

Lanal Aru Laksanakan Seleksi Awal Penerimaan TNI AL kepada Putera-Puteri Daerah Kep. Aru

DOBO – persbhayangkara.id MALUKU

20 Desember 2021, Dalam rangka kegiatan penerimaan Calon Bintara dan Tamtama Prajurit Karier TNI Angkatan Laut Gelombang I Tahun 2022, Pangkalan TNI AL Aru melaksanakan seleksi administrasi penerimaan TNI AL pada putra putri Daerah Kepulauan Aru, dimana seleksi awal ini dilaksanakan di Kantor Mako Taktis Dobo.

Dalam kegiatan seleksi awal ini meliputi pemeriksaan awal kelengkapan administrasi, postur tubuh, pengecekan kondisi kesehatan secara umum sebelum melanjutkan seleksi tingkat daerah di Lantamal IX Ambon.

Peserta yang telah mendaftar dari Kepulauan Aru ini berjumlah 44 Calon siswa, meliputi putra 33 Calon siswa dan putri 11 Calon siswa. Para peserta calon siswa yang mendaftar pada gelombang ini berbeda dengan biasanya, dimana banyak para peserta yang mendaftar sesuai dengan perhatian pimpinan TNI AL agar dapat merekrut sebanyak-sebanyaknya dari daerah. Hal ini dilatar belakangi karena putera-puteri daerah yang nantinya dinyatakan lulus dan selesai mengikuti pendidikan akan memiliki kesempatan berdinas di daerah tersebut.

Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr(Hanla)., M.M, menyampaikan bahwa Pangkalan TNI AL Aru telah melakukan upaya-upaya untuk terciptanya kelancaran pelaksanaan kegiatan Werving ini serta untuk menarik animo sebanyak-banyaknya para Putra-puteri Daerah Kep. Aru yang sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi kepada tokoh-tokoh masyarakat dan adat Kepulauan Aru serta sosialisasi kepada instansi sekolah.

Terkait dengan pelaksanaan seleksi tersebut, para calon harus memenuhi persyaratan yang dapat dilihat pada link pendaftaran al.rekrutmen-tni.mild,
dapat juga dilihat dari brosur pendaftaran Calon Bintara dan Tamtama PK TNI AL.

“Selama dalam proses seleksi penerimaan Prajurit TNI AL tidak dipungut biaya, oleh karena itu apabila ada oknum yang menjanjikan untuk membantu kelulusan agar segera melaporkan ke Panitia Daerah dan akan segera ditindaklanjuti,” ujar Danlanal Aru.

Sebelum dinyatakan lulus untuk mengikuti seleksi di tingkat Daerah (Lantamal IX Ambon), Pangkalan TNI AL Aru juga memberikan pembekalan dengan melaksanakan pembinaan test psikologi, rekomendasi hasil pemeriksaan kesehatan serta pembinaan test kesegaran jasmani.

Kegiatan ini semata-mata dilaksanakan agar dalam seleksi tahap berikutnya dapat mengikuti secara optimal hingga dinyatakan lulus tingkat pusat yang akan dilaksanakan di Sorong dan mengikuti pendidikan di Satuan Pendidikan 3 (Satdik 3) di Katapops Sorong.

Published : Ambo Illang

Sumber : Pen Lanal Aru

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top