Liputan Seputar TNI

Gubernur AAL Lepas dan Apel Kelengkapan Satlat KJK Taruna AAL Tingkat lll Agkatan ke-67

SURABAYA – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M, melepas Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) Taruna AAL Tingkat lll Agkatan ke-67 dengan upacara militer yang digelar di Lapangan Sambar Galang, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya Rabu, (9/9).

Usai Upacara Pelepasan, dilanjutkan Gelar Kelengkapan di Gedung Salahutu yang dihadiri Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Seklem AAL Laksma TNl Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han), para Pejabat Utama, perwira staf dan personel Satlat KJK 2020.

Menurut Gubernur AAL, latihan KJK ini merupakan bagian dari kurikulum AAL yang berbobot enam SKS, sehingga wajib diikuti Taruna. Pelaksanaan pelayaran KJK kali ini dilakukan di dalam negeri, karena adanya pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya pun dengan berbagai pembatasan dan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Edi -sapaan akrab Gubernur AAL ini- tujuan latihan ini adalah untuk membentuk mental kejuangan dan karakter prajurit matra laut, melaksanakan pelayanan navigasi lingkaran besar, astronomi dan praktek semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya.

Kemudian memberikan wawasan kepada Taruna tentang tempat atau daerah yang di singgahi dan merealisasikan publikasi tentang AAL / TNI AL pada umumnya kepada masyarakat

Dari latihan ini lanjutnya, diharapkan dapat terwujudnya mental kejuangan dan karakter Taruna AAL tingkat lll sebagai calon perwira matra laut serta aplikasi teori sesuai materi Korps masing masing.

KJK yang berlayar menggunakan KRI Bima Suci ini, diikuti 131 peserta latihan yang terdiri dari 111 Taruna AAL Tingkat lll angkatan ke-67 (Korps Pelaut 42, Teknik 14, Elektro 15, Suplai 16 dan Marinir 24), 15 orang staf latihan, 2 tenaga medis, 2 persoenl penerangan dan 1 personel pengamanan.

Latihan KJK yang akan berlangsung selama 98 hari dari 14 September hingga 21 Desember 2020 ini, akan menyinggahi 10 kota pelabuhan dalam rute perjalanan keliling Indonesia ini, antara lain Surabaya, Lampung, Padang, Sabang, Belawan, Tanjung Uban, Ranai, Tarakan, Miangas, Sorong, Tual, Kupang dan kembali ke Surabaya.
.
Selama pelayaran berlangsung, para Taruna Tingkat lll ini akan mendapatkan berbagai materi sesuai dengan Korps masing masing-masing dan latihan praktek secara parsial maupun integratif Korps dalam beberapa hal pengoperasian kapal.
.
Kegiatan di pelabuhan yang disinggahi antara lain courtesy call terbatas, olahraga persahabatan dengan pangkalan TNI AL, cocktail party dan malam kesenian, GS Taruna live streaming di kapal, city tour (dalam bus/tidak turun).
.
Dibagian akhir pembekalannya, Ia menekankan para Taruna untuk patuh pada aturan yang berlaku, tetap jaga kondisi tubuh agar sehat dan disiplin jalankan protokol kesehatan untuk menghindari paparan Covid-19 dengan cukup makan, cukup istirahat, jangan stress, tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top