Liputan Seputar TNI

Gowes Bersama Wakasad, Salurkan Hobi dan Wahana Saling Berbagi

JAKARTA – PERSBHAYANGKARA.ID

Tidak hanya hobi, bagi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman, Bukit Barisan Gowes Ranah Minang (BBGRM) 2020 merupakan wahana untuk menggelorakan semangat olahraga masyarakat serta saling berbagi (sosial) dan promosi potensi wilayah.

Hal tersebut disampaikan, Kapendam I/BB Kolonel Inf Zeni Junaidhi, S.Sos., M.Si, dalam rilis tertulisnya, Medan, Kamis (20/2/2020).

Diungkapkan Kapendam, Gowes yang akan menempuh jarak sejauh 104 km tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu (23/2/2020).

“Gowes yang dimulai dari titik start di Jam Gadang dan berakhir finish di Singkarak ini, rencananya juga akan diikuti Wakasad dan Pangdam I/Bukit Barisan (Mayjen TNI M.S. Fadhilah),” ujar Zeni.

Even ini diperkirakan akan meriah, lanjut Zeni, karena akan diikuti sekitar seribu peserta termasuk unsur Forkopimda Sumbar dan para pejabat Kodam I/BB, Kodam XII/Tpr, serta komunitas sepeda Ranah Minang.

“Wakasad sendiri, datang bersama rombongan dari komunitas Gowes Mabesad,” tegas Zeni.

Disampaikan juga oleh Zeni, keikutsertaan Wakasad dan para pejabat dari Mabesad dalam kegiatan itu bukan hanya semata-mata karena menyalurkan hobi, namun juga membawa misi sosial dan mendukung program yang diusung oleh pemerintah.

“Yaitu mengobarkan semangat olahraga kepada masyarakat dan memasyarakatkan olahraga kepada khalayak, termasuk para prajurit tentunya,” kata Zeni.

Dikatakan lebih lanjut, misi lainnya adalah menjadikan olahraga (bersepeda) ini menjadi wahana untuk saling berbagi dengan sesama dan memperkenalkan berbagai potensi wilayah yang dapat membantu berbagi program pembangunan.

“Tidak hanya menjadi ajang promosi destinasi wisata, di setiap etape, juga akan digelar bakti sosial, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu,” terang Zeni.

Menurut Zeni, dilihat dari rangkaian kegiatannya, Gowes yang juga akan melintasi Pagar Ruyung itu agak berbeda dengan even serupa.

“Manfaatnya, selain memelihara kesehatan dan kebugaran diri, juga dapat membantu saudara kita yang perlu mendapatkan perhatian, serta tentunya dapat mempromosikan wisata bagi pemerintah,” tambahnya.

“Tak kalah penting, kehadiran Wakasad dan para pejabat Forkopimda dan Komando Kewilayahan TNI AD ini, untuk menjaga komunikasi dan silaturahmi, baik dengan masyarakat maupun antar institusi” tambahnya.

Dijelaskan Kapendam, nantinya para peserta akan melewati tiga etape dengan dua check point, serta terbagi menjadi enam gelombang pemberangkatan start.

“Etape pertama dari Jam Gadang – Istana Pagar Ruyung, etape kedua dari Istana Pagar Ruyung – Lapangan SD Kecamatan Batu Taba, serta etape ketiga dari Lapangan SD Batu Taba – Dermaga Danau Singkarak,” tutur lulusan Akmil tahun 1993 ini.

Oleh karenanya, Zeni pun berharap dan mengajak bagi masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Sumbar untuk ikut dan memeriahkan even tersebut.

“Yang pasti, peserta kegiatan olahraga dengan membawa misi sosial ini tidak dipungut biaya pendaftaran,” tandas Zeni menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, dengan dihadiri pejabat Kepala Jasmani (Kajas) di lingkungan TNI AD, akan dilaksanakan deklarasi pembentukan Club Sepeda Kotama TNI AD.

“Sebelum Gowes, Wakasad memimpin deklarasi pengukuhan Club Sepeda Kotama TNI AD. Diharapkan, klub-klub ini bisa menjadi pionir dalam memasyarakatkan olahraga di wilayah masing-masing, sekaligus menjadi ujung tombak dalam membantu masyarakat maupun pemerintah,” pungkasnya. (Dispenad).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top