Kronik polri

Hari Raya Idul Adha, Kapolres Buleleng Serahkan 3 Sapi dan 3 Kambing untuk Kurban

BULELENG – persbhayangkara.id BALI

Hari raya Idul Adha merupakan ibadah kurban yang hukumnya sunah muakad (sangat dianjurkan) bagi orang yang mampu secara materi. Ini seperti dijelaskan oleh Rasulullah, “ barang siapa memiliki kelapangan keuangan, lalu ia tidak berkurban, maka janganlah ia datang ketempat shalat kami, “ (HR Ahmad). Perintah melaksanakan ibadah kurban mempunyai beberapa makna penting.

Salah satunya, ibadah kurban merupakan usaha Muslim mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk mau dapat berkurban perlu melakukan mujahadah (berjuang), terutama mengendalikan hawa nafsu dan egoisme diri.

Egoisme cenderung membuat orang lupa kepada Allah dan mengabaikan ajaran Agama termasuk berkurban.
Di hari raya Idul Adha tahun ini yang jatuh pada hari Minggu (11/8), Kapolres Buleleng memberikan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang kemudian dagingnya diberikan kepada 600 orang yang ada di sekitar perkampungan Taman Sari serta disekitarnya.

Salah satu penerima daging kurban disamping masyarakat yang tidak mampu juga diberikan kepada warakauri Polres Buleleng almarhum Nyonya Tabri. Penyerahan daging kurban yang dilakukan Kapolres Buleleng di Mushola Babusallam terletak di asrama polisi Kampung Tinggi Singaraja.

Tampak terlihat hadir dalam penyerahan daging kurban kepada masyarakat yakni Waka Polres Buleleng KOMPOL Loduwyk Tapilaha, S.I.K dan Perwira Polres serta seluruh anggota Polres yang beragama Islam .

Kapolres Suratno mengatakan kurban yang dilakukan sebagai symbol agar orang berkurban menanggalkan sifat-sifat kebinatangan yang melekat pada dirinya, misalnya sifat bengis, licik dan egoisme. Begitu pula melalui kurban seorang Muslim diminta menanggalkan penghambaan sesama mahkluk, karena islam hanya membenarkan penghambaan kepada Allah. Semua sifat-sifat yang buruk harus dijauhkan dari kehidupan Muslim, kapan dan dimanapun.

“Dalam pengertian lebih luas, upaya pendekatan diri kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan berkurban, bukan hanya dengan menyemblih hewan, tapi bisa juga dalam bentuk lain seperti membantu fakir miskin, membangun tempat ibadah, sarana pendidikan, dan berbagai kepentingan umat lainnya,” tandasnya. GS

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top