Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

Sekdaprov Temui Tim Loan Korea Bahas Master Plan Sungai Siak

PEKANBARU – persbhayangkara.id RIAU

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi menghadiri Pertemuan dengan Tim Loan Korea dalam Program EDCF (Economic Development Coorperation Fund) dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan “Engineering Service for Siak River Basin Flood Management”, di Ruang Rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau, Jumat (2/8/2019).

Adapun melalui pertemuan ini, Team Loan Korean menawarkan bantuan untuk pencegahan dan pengendalian banjir di lingkungan masyarakat Provinsi Riau.

Studi ini dengan pendekatan Master Plan yakni Sungai Siak.

Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa apa yang selama ini direncanakan dapat terwujud dan sejauh mana kemungkinannya dalam membantu mengembangkan potensi – potensi yang ada di Kota pekanbaru maupun di Kabupaten Siak.

“Oleh sebab itu kami dari Pemprov Riau memberikan dukungan dan juga harapan agar dapat segera terwujud,” harapnya

Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan Perwakilan Bupati Siak merespon baik terhadap rencana tersebut dan juga yang sangat mendukung dengan rencana kegiatan ini, melihat banyaknya potensi sungai siak yang dapat dikembangkan menjadi tempat rekreasi dan wisata.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus menyatakan bahwa ini sangat diharapan kalau bisa tidak hanya untuk Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak saja melainkan bisa dari hulu sampai ke hilir.

Selain untuk tata ruang, juga untuk menangani masalah banjir dengan menerapkan sistem drainase perkotaan yang terdiri dari kumpulan sistem saluran untuk mengeringkan lahan dari banjir atau genangan akibat hujan dan limbah dengan cara mengalirkan kelebihan air permukaan ke badan air melalui saluran – saluran dalam sistem tersebut.

Untuk melindungi sisi – sisi sungai, Tim dari loan Korean akan mengkombinasikan taman untuk menyelaraskan dengan lingkungan sekitarnya.

Pertemuan ini dihadiri oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, Perwakilan Bupati Siak, Perwakilan PUPR, Kepala atau perwakilan UPD Kota pekanbaru, Kabupaten Siak, dan Pemerintah Provinsi Riau terkait. ***(mirza/mcr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top