Liputan Seputar Dunia Pendidikan

Keren! Siswa SMA Labschool Unesa 1 jadi Delegasi Indonesia dalam Ajang Internasional AYIMUN

SURABAYA – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Siswa SMA Labschool Unesa 1, Tjokorda Tristan Kevala Arthana (kelas XI) menjadi delegasi dalam ajang Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) di Kuala Lumpur, Malaysia pada 26-28 Januari 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh International Global Network dan diikuti oleh 593 delegasi dari 44 negara peserta. Seluruh peserta sangat senang dan bersemangat menjadi model United Nations dan melakukan simulasi sidang United Nations untuk pelajar.

“Para delegasi ter pecah ke 6 council atau “badan” seperti UNESCO, WHO atau UNICEF. Saya masuk ke council Interpol Representing The Netherlands (Belanda) di dalam simulasi sidang UN dengan tema atau masalah yang dibahas yaitu The Development of Technology and its threats to humanity,” urai Tristan saat dihubungi. Jumat, (02/2/2024).

Tentunya berbagai persiapan telah dilakukan untuk dapat menjadi salah satu delegasi dalam AYIMUN ini.

“Persiapan diri seperti public speaking dan Bahasa Inggris, mempelajari sistem mekanisme MUN yg dibantu oleh GLOBY, menulis position paper, dan melakukan extensive research tentang topik yang dibahas dan negara yang kita representasikan,” ungkap Tristan, sapaan akrabnya.

Foto : Siswa SMA Labschool Unesa 1, Tjokorda Tristan Kevala Arthana (kelas XI) jadi delegasi Indonesia pada ajang Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN) di Kuala Lumpur, Malaysia

Tristan berharap agar mencapaian yang telah ia peroleh dapat menginspirasi rekan-rekannya untuk semakin berprestasi.

“Setelah mengikuti AYIMUN, saya merasa senang, exited, penuh dengan pengalaman, dan teman baru. Sangat ingin mengikuti event MUN lagi dan untuk menginspirasi warga labschool lainya untuk mengikuti juga,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMA Labschool Unesa 1, Dewi Purwanti berharap, agar siswa-siswi lain dapat tertarik dan terinspirasi untuk mengikuti kegiatan bertaraf international seperti AYIMUN ini.

“Saya berharap siswa SMA Labschool Unesa 1 semakin banyak yang mengukir prestasi utamanya di kancah international. Jangkauan kita tidak hanya berskala regional tetapi harus bisa go internasional. Kami dari pihak sekolah tentunya akan selalu memberi support dan dukungan sepenuhnya untuk kemajuan para siswa dan juga sekolah,” tutup Kepsek Dewi. (ari)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top