Liputan Berita Seni dan Budaya

Peringati Pawedalan Jagad Karo 1944 Saka, Suku Tengger Gelar Upacara Sesaji

PROBOLINGGO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Guna menghormati adat istiadat suatu tradisi di lingkup orang Jawa, pada hari Minggu tanggal 14/8/2022 di mulai jam 10.00 hingga pukul 13.00 wib di Balai Desa Jetak Kecamatan Sukapura telah berlangsung dilaksanakan Upacara Pawedalan Jagad Karo tahun 1944 Saka tahun 2022.

“Hadir tamu kehormatan Drs.Timbul Prihanjoko, Plt Bupati Probolinggo, didampingi Sugeng Wiyanto S.Sos, MM, Kepala Dinas Pariwisata, ada pula
Supoyo SH, MM, Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo,Drs. Bambang Suprapto, M.Pd, Ketua PHDI Kabupaten Probolinggo, juga Forkopimka Sukapura, Kades Ngadisari, Wonokerto dan Jetak,
Dukun Pandita Suku Tengger, warga masyarakat Suku Tengger dari Desa Ngadisari, Wonokerto dan Jetak sekitar 300 orang.

Dalam kesempatan tersebut lanjut sambutan Ngantoro, selaku Kades Jetak menyampaikan, saya ucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan dalam kegiatan pada siang hari ini khususnya Plt Bupati Probolinggo dan undangan lainnya, memperingati Hari Raya Karo yang ditandai dengan Tari Sodoran merupakan kegiatan adat / tradisi yang harus dilaksanakan sesuai waktu dan melaksanakan protokol kesehatan.

Saya berharap kedepannya kepada generasi muda warga Suku tengger, untuk menjaga dan melestarikan budaya leluhur Suku Tengger yang sudah turun temurun ini, saya juga minta maaf apabila pada pelaksanaan kegiatan terdapat kekurangan, untuk dimaklumi adanya, celetuknya.

Lanjut penyampaian Plt Bupati Probolinggo memaparkan, saya mengucapkan selamat Hari Raya Karo kepada seluruh warga masyarakat Suku Tengger yang ditandai Pawedalan Jagat Karo 1944 Saka, dan kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus covid-19.

Semoga adat budaya Suku Tengger yang dititipkan oleh Tuhan dapat terus dilestarikan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan, dan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Suku Tengger yang turut mensukseskan program vaksinasi dengan tingkat kehadiran 100 % sehingga menjadi contoh bagi masyakat Desa lainnya di se- Kabupaten Probolinggo. Saya berharap warga masyarakat Suku tengger agar tetap menjaga kearifan lokal serta adat budaya yang ada hingga turun temurun.

Di saat sesi peringatan Hari Raya Pawedalan Jagad Karo di suguhi tampilan Tari Sodoran sebagai awal pembukaan Hari Raya Karo 1944 Saka / 2022, dimana dalam pelaksanaannya diperingati setiap tahun bergantian di 3 Desa -Desa Ngadisari, Desa Wonotoro, untuk agenda tahun 2022 ini adalah Desa Jetak Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo.

Dari kru tim awak media disampaikan, sungguh sangat unik adat istiadat Suku Tengger, cagar budaya nya melekat di hati warga masyarakat, semoga dalam perayaannya kali ini membawa dampak positif, dan lebih dipedulikan oleh Disporapar Kabupaten Probolinggo. Demikian informasi yang dapat kita sajikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca media persbhayangkara. Ida Y/Sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top