Liputan Seputar TNI

TNI Gandeng RT Door to Door Sisir Warga untuk Divaksin

JAMBI – PERSBHAYANGKARA.ID

Upaya percepatan pemulihan kesehatan dilingkungan tingkat RT, Kodim 0415/Jambi melalui Koramil Jambi Timur menggandeng RT untuk mendata warga masyarakatnya yang belum di vaksin untuk menerima suntik vaksin.

Digelarnya serbuan vaksinasi bertempat RT 05 Kelurahan Tanjung Pinang, Kecamatan Jambi Timur, Kota jambi dengan tujuan tepat sasaran, bagi warga yang belum vaksin bisa segera divaksin.

Demikian disampaikan Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta dalam keterangannya, Minggu (27/2/2022).

Kapenrem 042/Gapu mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksinasi yang di gelar oleh Koramil Jambi Timur bersama Babinsa dan perangkat RT 05 dan Kelurahan Tanjung Pinang berharap masyarakat yang belum menerima vaksin Covid-19 sampai saat ini, dengan divasilitasi lokasi tempat vaksin terdekat dengan lingkungan, warga bisa datang untuk menerima suntik vaksin.

Kolaborasi dan dukungan dari TNI bersama Nakes dari Rs Dr Bratanata Jambi, dan perangkat RT pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tingkat RT, menjadi hal yang harus ditingkatkan, guna tercapainya target capaian ditingkat Kecamatan di Wilayah Jambi.

Hal senada juga disampaikan oleh Danramil Jambi Timur Kapten Kav Andri, bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di tingkat RT telah menjadi program prioritas dan akan terus ditingkatkan dalam upaya pencapaian target maksimal vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

Kapten Andri juga mengatakan bahwa lokasi tempat vaksinasi terdekat tingkat RT akan lebih menarik minat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Koramil Jambi Timur bersama unsur terkait akan terus membangun herd immunity dilingkungan masyarakat, Sehingga kalau di semua tingkat RT sudah herd immunity, maka satu Kelurahan sudah terbentuk kekebalan kelompok dan seterusnya hingga tingkat kecamatan,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua RT 05 Kelurahan Tanjung Pinang, Kecamatan Jambi Timur, Kota jambi, Sertu Jamiyanto yang kesehariannya berdinas di Staf Penerangan Korem 042/Gapu mengatakan dalam setiap kegiatan selalu Koordinasi dengan Babinsa Kelurahan Tanjung Pinang Serma Muksin.

Kegiatan vaksinasi ini guna untuk mensukseskan program pemerintah dan juga merupakan perintah pimpinan TNI AD dalam menekan angka penyebaran Covid-19.

“Kami dari RT bersama Babinsa diminta pihak Koramil, lalu diteruskan ke kelurahan untuk menyiapkan tempat untuk melakukan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan pada hari ini Minggu (27/02), ungkapnya.

Dimana dari masyarakat antusiasnya cukup tinggi untuk vaksin, bahkan banyak warga yang datang dari luar RT 05, katanya saat memberikan keterangan,

Ia menjelaskan, meskipun masyarakat sekitar bukan berasal dari domisili Tanjungpinang pihaknya tetap menerima. Namun saja, peserta membawa persyaratan yang lengkap, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Jadi kita terus melakukan kegiatan yang juga merupakan program pemerintah ini. Insyaallah kedepannya akan dilakukan vaksinasi-vaksinasi lainnya.

“Alhamdulillah meskipun masih banyak yang belum, namun sudah ada 65 persen masyarakat yang divaksin di lingkungan RT kami.

“Jadi kita bekerjasama dengan pak Lurah, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua RT, dalam rangka untuk mensukseskan kegiatan vaksinasi dengan cara door to door,” katanya.

Untuk mensukseskan pelaksanaan vaksinasi tersebut, pihaknya juga mengerahkan Perlindungan Masyarakat (Linmas) setempat, karena hari pelaksanaan vaksinasi dilakukan di rumah Ketua RT, tandasnya.

Authentikasi : Kapenrem 042/Gapu, Mayor Inf RM Hatta
Lap : dody

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top