Liputan Seputar Dunia Pendidikan

SD se- Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Melakukan Pelatihan dan Simulasi AKM Rasyidu Tahun 2021

BOJONEGORO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Tahun 2021, Ujian Nasional akan diganti menjadi Asesmen Nasional yang mengukur tiga komponen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Menurut menteri Nadiem, AKM menjadi tolak ukur penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur kemampuan minimal siswa.

Assessment Kompetensi Minimum (AKM) adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

Pelaksanaan Latihan dan Simulasi Tryout AKM Rasyidu Tahun 2021 Lembaga SD Se Kec Purwosari Bojonegoro bekerja sama dengan SMPN 1 dan SMPN 2 Purwosari dengan sistem menumpang dikarenakan, agar dalam pelaksanaan nya lancar dengan ketersedian Sarana IT dan Servernya, kecuali SDN Tlatah yang dilakukan secara Mandiri dikarenakan mendapat Bantuan TIK Tahun 2020 yang lalu.

Edwin Dwi Antoro, Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Purwosari Bojonegoro, berharap “Semoga anak anak siap dalam menghadapi ANBK SD yang dilaksanakan Tanggal 8 sampai dengan 11 bulan November.”

“Kerjasama ini merupakan wujud nyata Mou dan SD Mitra antara SMPN 1 dan 2 dengan Lembaga lembaga SD Kec Purwosari Bojonegoro,” ucapnya menegaskan

AKM Rasyidu yang dilaksanakan di dua tempat, yaitu SMP 1 Purwosari, untuk 13 SD dan SMP 2 Purwosari 6 SD, di wilayah Kecamatan Purwosari, tanggal 8 dan 9 september 2021.

Ditengah pandemi covid-19 pelaksanaan AKM cukup lancar. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19.

“Sebelum masuk ruangan masing-masing siswa wajib mencuci tangan dan menggunakan masker, tempat komputer yang disiapkan juga berjarak,” ungkap Budi Santosa, S.Pd. Mat. MPd, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Purwosari Bojonegoro, Rabu (8 september 2021). (zul/jrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top