Liputan Lintas Nasional

Penutupan Kongres I Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng Tahun 2020

PALANGKA RAYA – persbhayangkara.id KALTENG

Kongres Masyarakat Dayak Lintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalteng Tahun 2020 dengan Tema, “Penguatan masyarakat Dayak dalam pembangunan disegala bidang” yang berlangsung selama tiga hari tanggal 17 sampai dengan tanggal 19 September 2020, secara resmi ditutup oleh Gubernur Kalteng yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Kalteng Guntur Talajang, di Gedung Outdoor UPT Taman Budaya Arena Taman Pameran Temanggung Tilung Palangka Raya, Sabtu (19/09/2020) malam pukul 20.00 WIB.

Acara diawali dengan himbauan dari Satgas Covid -19 agar pelaksanaan acara berlangsung dengan mengedepankan Protokol Kesehatan dengan tetap menjaga jarak tempat duduk, memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk serta diperiksa suhu badannya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pagelaran tari Tradisional Dayak.

Ketua Panitia penyelenggara Ducun Helduk Umar membacakan laporan hasil dari Kongres I Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng Tahun 2020, diantaranya adalah,

“Menyatakan pernyataan sikap masyarakat Dayak lintas DAS Kalteng Tahun 2020 dalam bentuk Rekomendasi terlampir kepada Presiden Republik Indonesia untuk ditindak lanjuti dengan program Pembangunan, dan yang kedua, membentuk Badan Organisasi yang diberi nama Hapakat Masyarakat Dayak lintas DAS Kalimantan Tengah, “beber Ducun.

Selanjutnya ditambahkan, semua keluhan dan aspirasi masyarakat Dayak DAS Kalimantan Tengah dari DAS Barito, DAS Mentaya, DAS Katingan, DAS Seruyan, DAS Kapuas telah ditampung semua dan dirumuskan dalam bentuk Rekomendasi, selanjutnya penganugerahan lencana Tokoh Dayak,dan penyerahan penghargaan inovasi aksi.

Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Kalteng Guntur Talajang, “Kami sangat mengapresiasi Kongres Masyarakat Dayak I dan kita Pemprov Kalteng akan bersinergi untuk mewujudkan dan menjalin kerjasam, mari kita bersama menjaga harkat dan martabat masyarakat Dayak, Kongres ini merupakan bukti semangat orang Dayak DAS se – Kalteng, “ungkap Guntur..

Kongres masyakat Dayak lintas DAS Kalteng ini rencananya akan diadakan tiga Tahun sekali, setelah Kongres I DAS Kalteng sukses maka akan dilanjutkan pada Kongres kedua yaitu pada Tahun 2023, selamat bertemu kembali tiga tahun mendatang sukses selalu buat warga Dayak dan Kalteng.(45R)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top