Liputan Lintas Nasional

HM Ali Yusuf Siregar Hadiri Pembukaan Rakerwil DMI Provinsi Sumut

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri pembukaan rapat kerja wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Utara tahun 2020 bertempat Di Aula Cadika, Jum’at (18/9) Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Turut hadir Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah ,Kabid Organisasi Pengurus Pusat (PP) DMI Pusat DR. H. Makmum Muroo Al-Babsy, Ketua DMI Provinsi Sumut Irhamuddin Siregar MA, Ketua Ketua DMI se Kab/Kota Provinsi Sumatera Utara, mewakili Forkopimda Sumut dan Deli Serdang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar mengatakan Keberadaan Dewan Masjid Indonesia telah memberi kontribusi yang sangat besar dalam pembinaan umat. Hal ini tidak terlepas dari perannya mengajak umat, agar lebih bertakwa, sekaligus meningkatkan kualitas kesalehan sosial dan sarana pemersatu umat, menuju figur muslim sejati yang sehat, cerdas, tangguh termasuk dalam membantu terciptanya suasana kehidupan di tengah tengah masyarakat yang rukun, aman, nyaman, bertoleransi dan kondusif.

Melihat betapa besar dan pentingnya peranan Dewan Masjid dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, maka sudah menjadi tugas besar bagi Dewan Masjid, untuk melakukan berbagai perencanaan program kerja secara kontinyu dan meningkat, sehingga keberadaan DMI dapat berbanding lurus dengan kemajuan zaman dan dapat selalu berkiprah di zamannya.

Oleh karena itu, apa yang dilakukan oleh DMI Provinsi Sumatera Utara hari ini, menyelenggarakan kegiatan rapat kerja wilayahnya, sepantasnyalah untuk diapresiasi, karena ini adalah momen penting, yang tujuan utamanya untuk memusyawarahkan berbagai keputusan – keputusan dalam program dan rencana kerja konkret yang menyentuh langsung sasaran yang akan dikembangkan kedepan, untuk membawa organisasi DMI Sumatera Utara, semakin maju, berkembang serta mendatangkan manfaat yang sebesar – besarnya bagi kemaslahatan masyarakat banyak.

Karena itu, pemerintah Kabupaten Deli Serdang mengucapkan terima kasih kepada DMI Sumatera Utara, yang telah melaksanakan rapat kerjanya di Kabupaten Deli serdang.

Kabid Organisasi Pengurus Pusat (PP) DMI Pusat Makmum Muroo Al-Babsy juga mengatakan Rakerwil DMI Sumut mampu menelurkan program-program yang menjawab permasalahan umat saat ini. Salah satu yang menjadi perhatian adalah terkait masjid yang bisa mengakomodasi umat secara keseluruhan.

“Masjid itu milik umat, jadi tentunya tidak ada salah satu aliran yang mendominasi masjid, karena masjid mengajarkan kita tentang heterogenitas. Di Sumut kalau saya perhatikan memang masalah heterogenitas tidak begitu kental, tetapi ada, saya harap ini dihilangkan karena masjid merupakan tempat berkumpulnya semua muslim apapun alirannya,” tegas Makmum.

Dalam arahannya Wagub H Musa Rajekshah berharap, ” Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumut mampu membangkitkan ekonomi umat. Menurutnya, dengan pengelolaan yang tepat hal tersebut bisa tercapai sehingga masjid mampu menuntun umat bukan hanya secara rohani tetapi juga secara ekonomi. Harapan saya, kita mau meningkatkan infaq ke masjid, ini pahala yang akan terus mengalir bagi kita semua, jadi jangan ragu. Dengan makmurnya masjid maka masjid juga bisa memakmurkan umat di sekitarnya. Mudah-mudahan tidak ada masjid yang kasnya besar, tetapi umat di sekitarnya tidak makan, tidak sekolah atau sangat kesulitan”, kata Musa Rajekshah saat memberikan kata sambutan.

Selain itu, Musa Rajekshah juga meminta agar ukhuwah umat bisa terjalin dengan baik dengan menggalakkan salat wajib di masjid, dengan begitu menurutnya masjid akan lebih mudah untuk makmur dan memakmurkan umat.

“DMI tentu sudah merangkai program-program yang mampu meningkatkan salat berjamaah. Tadi saya dengar dari ketua ada program salat subuh berjamaah di setiap Kabupaten/Kota, ini tentu akan membantu memakmurkan masjid. Dan dengan pengelolaan yang baik masjid akan memakmurkan umat,” tambah Musa Rajekshah.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top