Liputan Seputar TNI

Pangkoarmada II Hadiri First Steel Cutting Kapal BRS Kedua TNI AL di PT PAL (Persero)

SURABAYA – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto menghadiri acara First Steel Cutting Kapal BRS Kedua TNI AL yang dilaksanakan oleh PT PAL Indonesia (Persero) di Bengkel Fabrikasi Divisi Kapal Niaga Dok Semarang PT PAL Indonesia (Persero) pada Kamis (10/09/2020).

First Steel Cutting merupakan penanda proses awal pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) Kedua TNI AL. Proses pembangunan Kapal BRS kedua ini akan memakan waktu selama 32 bulan. Beberapa tahapan penting dalam proses pembangunan ini diantaranya Keel Laying pada bulan Desember 2020, Launching_pada bulan Desember 2021 dan _Delivery pada bulan akan November 2022.

Menurut Heru-sapaan karib Pangkoarmada II, “Kapal BRS tidak hanya berfungsi dalam mendukung Operasi Militer Perang (OMP) namun juga Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Kapal tersebut akan dilengkapi ruang evakuasi dan ruang isolasi untuk pasien penyakit menular termasuk Covid-19, sehingga kehadiran Kapal Bantu Rumah Sakit ini sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan operasi TNI AL, “ ungkapnya.

Heru menambahkan, “Kapal BRS kedua ini memiliki panjang 124 meter dan lebar 21,8 meter, sehingga mampu mengakomodasi pasukan, kru dan pasien sebanyak 651 orang. Kapal tersebut memiliki berat 7200 Ton dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 18 knot. Kapal tersebut juga mampu menampung 2 unit helikopter di dek dan 2 unit ambulance boat, “ lanjut Jenderal Bintang Dua di pindak ini.

Pada kesempatan ini Heru berharap pembangunan Kapal BRS Kedua TNI AL semakin memperkuat armada TNI Angkatan Laut dalam menjalankan tugasnya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Asisten Komunikasi dan Elektronik Kasal Laksamana Muda TNI Atok Dushanto, Kadisadal Laksamana Pertama TNI Udyatmiko, Waaslog Kasal Laksamana Pertama TNI Puguh Santoso, Kadissenlekal Laksamana Pertama TNI Endarto Pantja Irianto, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, Karumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. Radito, Dansatgas DN Yekda BRS-2, Para Mitra Kerja dan Rekanan PT PAL Indonesia (Persero) serta para Kepala Divisi di lingkungan PT PAL Indonesia (Persero). Ezl

Sumber : Hdx/Pen2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top