MUARO JAMBI – persbhayangkara.id JAMBI
Diera Digitalisasi saat ini, pelayanan prima merupakan elemen utama dalam pelayanan publik. Pemenuhan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam penerbitan SIM mengharapkan pelayanan berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur dan nyaman terhadap Peserta Uji SIM.(03/2)
Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Kasat Lantas Polres Muaro Jambi, Iptu Fidelis Gulo, S.H. telah melakukan berbagai upaya, pemenuhan Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (servicedelivery) meliputi:
- Persyaratan
- Sistem, mekanisme,dan prosedur
- Jangka waktu pelayanan
- Biaya/tarif
- Produk pelayanan
- Penanganan pengaduan, saran dan masukan
Pemenuhan Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing) meliputi:
- Dasar hukum
- Sarana dan prasarana, dan/atau fasilitas
- Kompetensi pelaksana
- Pengawasan internal
- Jumlah pelaksana
- Jaminan pelayanan
- Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan
- Evaluasi kinerja pelaksana
Hal ini dibenarkan oleh salah seorang peserta uji SIM, ketika diwawancara mengatakan “Pelayanan SIM Polres Muaro Jambi sangat memuaskan, cepat tidak bertele tele, petugasnya ramah, transparan, dan nyaman” ungkap Sunarsih (peserta uji Sim).
(Dody)
