Kronik polri

Kapolri bersama Panglima TNI dan Menhub Tinjau Kesiapan Layanan Mudik di Terminal Purabaya

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Pastikan kelancaran dan keamanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2024, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi cek langsung ke sejumlah wilayah Jawa.

Seperti dilakukan dalam kunjungan kerja, Kamis (4/4/2024), di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo. Selain mengecek kesiapan layanan mudik dan pos pelayanan terpadu di terminal ini, Kapolri, Panglima TNI dan Menteri Perhubungan didampingi Forkopimda Provinsi Jatim dan Kabupaten Sidoarjo meninjau langsung tes urine kru bus, uji kelayakan bus, kesiapan layanan kesehatan serta menyapa para pemudik plus membagikan bingkisan lebaran.

“Saya bersama Bapak Panglima TNI dan Bapak Menteri Perhubungan mengecek kesiapan layanan mudik, pos pelayanan terpadu dan kru bus di Terminal Purabaya hingga kesiapan personel yang terlibat dalam mengamankan mudik balik Lebaran,” jelas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri menyebut Terminal Purabaya menjadi tempat perhatian bagi TNI/Polri dan Kementerian Perhubungan, karena merupakan terminal induk yang menjadi salah satu sentral mobilitas pemudik, serta menghubungkan daerah-daerah di antar provinsi maupun antar kabupaten di Jawa Timur.

TNI, Polri beserta seluruh pihak terkait terus bersinergi untuk mewujudkan mudik yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Evaluasi terhadap arus mudik tahun lalu dilakukan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pada tahun ini.

Selain evaluasi, pengecekan langsung di lokasi arus mudik melalui jalur darat, udara dan laut juga dilakukan untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan personel. “Kami ingin memastikan mudik tahun 2024 berjalan aman dan lancar. Imbauan untuk mudik lebih awal pun terus kami sampaikan untuk mengurangi potensi kepadatan di jalan,” lanjut Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan bahwa TNI siap membantu dan mendukung Polri untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan selama periode arus mudik-balik Lebaran 2024. Ada sebanyak 67.955 personel TNI dikerahkan guna mendukung suksesnya Operasi Ketupat 2024.

“Personel TNI tersebar di pelabuhan, bandara, stasiun dan terminal. Juga pos pos di sepanjang jalur perhubungan. Mudah-mudahan lebaran kali ini aman dan lancar. TNI siap secara personel dan alat angkut untuk membantu Polri didalam kesiapan arus mudik dan balik”, tegasnya.

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi adanya langkah ramp check pada bus-bus yang akan berangkat serta pemeriksaan kesehatan dan tes urine kru bus di Terminal Purabaya. Hal ini guna mendukung kelancaran dan keselamatan mudik Lebaran 2024. Sult/hms

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top