Liputan Seputar TNI

Deteksi dan Cegah Dini Melalui Komsos Para Babinsa di Desa Binaan

BARABAI – persbhayangkara.id KALIMANTAN SELATAN

Babinsa Koramil 1002-06/Barabai Kodim 1002/HST melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama masyarakat, tokoh agama di Desa Mandingin, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, dengan tujuan menciptakan kedekatan bersama warga binaan, Sabtu (10/02/2024).

Koptu Hartono menjelaskan, kegiatan Komsos adalah salah satu media Babinsa untuk mengenal warganya lebih dekat lagi dan sebagai sarana silaturahmi kepada warga binaannya agar warga menjadi lebih dekat dan akrab dengan Babinsa.

Selain itu kegiatan Komsos ini bertujuan untuk mencari informasi dan mengetahui perkembangan situasi di wilayah Desa binaan.

“Kegiatan Komsos ini dilakukan karena sudah menjadi tugas pokok sebagai seorang Babinsa yang senantiasa melaksanakan Komsos untuk mencari informasi dan sebagai sarana bersilaturahmi kepada warga supaya lebih dekat dan bisa menjalin kebersamaan,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjut Kopda Hartono, mencerminkan rasa kemanunggalan TNI khususnya Babinsa kepada masyarakat wilayah binaan, yang bertujuan untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara Babinsa dengan masyarakat sehingga tercipta suasana yang harmonis dalam setiap pelaksanaan tugas di lapangan.

“Terpisah Danramil 1002-06/Barabai Kapten Inf Rudi Hartono mengatakan, Komsos (Komunikasi Sosial) ini merupakan methode Binter (Pembinaan Teritorial) yang sangat efektif dilakukan Babinsa di Desa Binaan, karena dengan komsos ini, Babinsa dapat langsung berinteraksi dengan warga binaan dari berbagai latar belakang,” ujarnya.

Dengan Komsos ini juga, Babinsa dapat melakukan deteksi dan cegah dini serta lapor cepat, temu cepat terkait perkembangan situasi wilayah binaan dan utamanya dalam rangka untuk mendukung tugas pokok satuan, tegas Danramil.(Ezl).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top