Liputan Seputar TNI

Upacara Pemberangkatan Satgas Pengamanan dan Pendistribusian Logistik KPU di Wilayah Kepulauan Raja Ampat

SORONG – persbhayangkara.id PAPUA BARAT DAYA

Bertempat di dermaga Lantamal XIV Jl. Bubara No. 1 Kelurahan Klaligi Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya telah dilaksanakan Upacara Pemberangkatan Satgas Pengamanan dan Pendistribusian Logistik KPU di Wilayah kepulauan Kabupaten Raja Ampat.jumat (09/02/24).

Upacara tersebut di pimpin langsung oleh Laksamana pertama TNI Denny Prasetyo (Danlantamal XIV), sedangkan bertindak selaku Danup Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H.,M.Tr Hanla (Dansatrol Lantamal XIV).

Upacara pemberangkatan satgas pengamanan dan pendistribusian logistik pemilu KPUD di wilayah kepulauan raja ampat tersebut juga di hadir ;

  • Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos., M.M. (Danrem 181/PVT)
  • Kolonel Mar Muhammad Reza Suud (Wadan Lantamal XIV)
  • Para Asisten Danlantamal XIV.
  • Jajaran Kadis dan Kasatker Lantamal XIV.
  • Mayor Laut (P) Sigit Wicaksono Iskak (Dan KRI Layaran-854)
  • Mayor Laut (P) Mega Yudha Prabowo (Dan KRI Sura-802)
  • Mayor Mar Andi Muhammad Yusuf (Danyonmarhanlan XIV)
  • Kompol Indra Gunawan, S.IK (Kabag Ops Polresta Sorong)
  • Bapak Totok K. (Sekretaris KPU Provinsi Papua Barat Daya).

Menurut komandan Lantamal XIV Laksamana pertama TNI Denny Prasetyo dalam sambutannya mengatakan bahwa, terlebih dahulu marilah kita selalu memanjatkan puji dan Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Swt, Karena Atas Limpahan Rahmat dan Karunia-nya, Sehingga pada hari Ini Kita semua dapat hadir bersama dalam rangka upacara Pelepasan Satgas Pengamanan dan Pendistribusian Logistik Pemilu KPUD ke wilayah kabupaten Raja Ampat dalam Keadaan Sehat Walafiat.

Lanjut Danlatamal XIV, perlu juga di ketahui bahwa tinggal beberapa hari Lagi kita seluruh rakyat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) secara serentak. Tepatnya pada tanggal 14 februari 2024 akan Dilaksanakan Pencoblosan dalam rangka pemilihan presiden dan wakil Presiden. Dan selang Beberapa Waktu Juga Akan Dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sehingga KPU Sebagai Lembaga Independen, Dalam Menjalankan Amanah ini tetap Akan Bekerja Sama dan Berkoordinasi dengan aparatur negara Lainnya, Seperti dalam Hal pengamanan serta Pendistribusian Logistik Pemilu.

Untuk itu kami butuh kerja sama bersama TNI, khususnya TNI Angkatan Laut Dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pendistribusian Logistik pemilu dan kerja sama ini sudah Berlangsung sejak Tahun 2014 dan M.O.U Tersebut Kembali Diperbaharui Pada Tahun 2021 Yang Lalu. Hal Ini Didasari Karena Adanya Kesamaan Kepentingan Yakni Dalam Menjaga Keamanan Dan Kedaulatan Negara Serta Mendukung Terwujudnya Pilar Demokrasi Melalui Pelaksanaan Pemilu Yang Bermartabat.

Guna turut serta mensukseskan pelaksanaan pemilu tersebut, TNI Angkatan Laut (TNI AL) Telah Menyiapkan Alutsista Yang Akan Dilibatkan Dalam Distribusi Logistik Pemilu. Keterlibatan unsur-unsur Kri, Kal Dan Patkamla Lantamal Xiv Sorong Tersebut Untuk Pengiriman Logistik Pemilu Ke seluruh Pulau-pulau terdepan dan Terpencil yang sulit dilakukan Melalui pesawat udara ataupun lewat jalur darat. Tentunya Dalam Distribusi Logistik Pemilu Tersebut, Lantamal XIV Akan Berkoordinasi Ketat Dan Melekat Dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Setempat, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dan Badan Pengawas Pemilu, Termasuk Kesiapan Prajurit Tni Al Dalam Pelibatan Pengamanan Dalam Proses Pelaksanaanya,”tegasnya.

Sesuai dengan Perintah Pimpinan TNI Al, maka lantamal XIV Sorong akan turut serta dalam mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu. Salah satu tugas yang akan dilaksanakan adalah mendukung pengamanan dan pendistribusian logistik pemilu KPUD di wilayah kepulauan Raja Ampat.

Unsur Lantamal XIV Yang Akan Terlibat Dalam Distribusi Logistik KPUD Adalah Kri Layaran-854, Kal Wayag, Patkamla Jefman, Patkamla Matan Serta Sea Reader G-7. Selaku Komandan Lantamal XIV, Saya Mengapresiasi Kegiatan Ini Dengan Harapan Dapat Berjalan Dengan Aman, Lancar Dan Optimal Sesuai Harapan Kita Bersama.

Kepada Komandan Satgas dan Para Unsur KRI, Kal serta Patkamla dan Jajarannya Beserta Seluruh Satgas Yang Ikut Serta dalam Kegiatan Ini, Saya Ucapkan Selamat Berlayar, Selamat Melaksanakan tugas, utamakan keselamatan personel dan material, Perhatikan Keadaan Cuaca Ini Sehingga Dapat Melaksanakan Tugas Dengan Aman dan Lancar Serta Selamat Sampai di tempat Tujuan.

Mengakhiri sambutannya, marilah kita semua memohon Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Swt, Semoga Senantiasa Memberikan Bimbingan, Petunjuk dan perlindungannya kepada kita sekalian dalam upaya kita untuk menjaga Persatuan bangsa dan Negara Indonesia Tercinta.

Selanjutnya, adapun unsur dari Lantamal XIV yang terlibat dalam Satgas Pengamanan dan Pendistribusian Logistik KPUD Wilayah Kabupaten Raja Ampat yaitu sebanyak 200 prajurit TNI Al dari lantamal XIV sorong termasuk KRI Layaran-854, KAL Wayag III-14-10, Patkamla Jefman, Patkamla Matan, Combat Boat dan Sea Rider Satrol Lantamal XIV dan 20 personel pendukung,”tuturnya”.

(Timo/Alvyyan/Hamdi Fahmi Sab)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top