Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

KPU Batanghari Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara Pemilu 2024

BATANGHARI – persbhayangkara.id JAMBI

Dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batanghari melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pada Rabu (31/1/2024).

Simulasi yang dilaksanakan di halaman Bulian Sport Centre (BSC) Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Muarabulian, Kecamatan Muarabulian,Kabupaten Batanghari.

Pada pelaksana tersebut dihadiri Kasat Sabara Polres Batanghari, Kasi BB Kejaksaan Muara Bulian, Babinsa, Bawaslu dan Panwascam Kabupaten Batanghari.

Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 150 orang, terdiri saksi Parpol dan masyarakat umum yang menjadi pemilih.

Pada pelaksanaan tersebut mereka sangat antusias mengikuti alur proses menunaikan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pada  kesempatan tersebut, mereka diminta melakukan pemilihan.dimulai dari antri melakukan pendaftaran dan mendapatkan 5 (lima) surat suara. Selanjutnya pemilih menuju bilik suara untuk menyalurkan hak pilihnya untuk pemilihan.

Adapun surat suara yang akan diterima diantaranya surat suara untuk anggota legislatif DPRD Kabupaten Batanghari, DPRD Provinsi Jambi, DPR RI, DPD RI dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden. begitu juga dengan pemilih disabilitas yang didampingi”

Usai menyalurkan hak pilihnya di bilik suara, mereka diarahkan memasukkan surat suara tersebut di kotak suara yang sudah disediakan atau yang sudah ditentukan.

Serta keluar dari area TPS pemungutan suara dan mengikuti prosesi penghitungan suara Pemilu 2024.

Anggota Komisioner KPU Batanghari, M Nuh, menggemukan pasa Rabu(31/1/2024) simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilakukan sebagai panduan bagi pemilih agar bisa mendapatkan informasi yang utuh terkait alur proses menunaikan hak pilih di TPS.

“ Dari hasil simulasi ini kalau saya beri nilai sudah 92 persen. Karena ada beberapa catatan yang harus dievaluasi, seperti memprioritaskan pemilih disabilitas.

“Begitu juga dengan setiap kejadian yang ada di TPS harus di catat agar mempermudah.”pungkasnya.

(Hermanto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top