Liputan Lintas Nasional

HM Ali Yusuf Siregar: Zakat Kewajiban Umat Islam Bantu Warga Tidak Mampu

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deli Serdang kepada mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat) dari Kecamatan Biru Biru, Patumbak, Tanjung Morawa dan Batang kuis di Wisma Tanjung Indah, Jalan Dahlan Tanjung, Kecamatan Tanjung Morawa, Kamis sore (18/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bupati menerangkan zakat merupakan salah satu rukun Islam. Zakat diwajibkan bagi umat IsIam yang mampu dan memiliki kelapangan harta agar menyisihkan sebahagiannya untuk dibagikan kepada masyarakat tidak mampu.

“Baznas Kabupaten Deli Serdang menyalurkan zakat dan sedekah dari para muzakki. Saya berterimakasih kepada Baznas yang telah mengumpulkan zakat dan infak dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) Deli Serdang dan muzakki lainnya dan menyalurkan secara langsung kepada para mustahik,” kata Bupati.

Disebutkan Bupati, dari tahun ke tahun semakin banyak para muzakki yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas Deli Serdang. Tahun 2023 lalu, telah terkumpul dana zakat dan infak sebesar Rp2,4 miliar. Namun dari dana tersebut, belum semua masyarakat Deli Serdang yang bisa menerimanya karena terbatas.

“Mari doakan Baznas Kabupaten Deli Serdang untuk terus semangat dalam bekerja, tulus dan ikhlas agar dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dana zakat tersebut,” ajak Bupati.

Sebelumnya, Ketua Baznas Deli Serdang, H Surya Putra melaporkan penyaluran dana ZIS tersebut merupakan yang keempat kalinya, setelah sebelumnya dilakukan di Kecamatan Pancur Batu, Lubuk Pakam dan Bangun Purba.

“Penyalurkan zakat dan infak ini diberikan kepada 225 mustahik yang masing-masing mendapatkan uang sebesar Rp300 ribu, serta penyaluran delapan unit kursi roda. Para mustahik berasal dari Kecamatan Biru Biru, Patumbak, Tanjung Morawa dan Batang kuis,” rincinya.

Selain menyalurkan zakat, Baznas Deli Serdang juga telah membina beberapa desa di Deli Serdang dalam hal dakwah.

“Kepada para da’i yang bertugas di desa binaan, mereka telah didaftarkan menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sekaligus iuran bulanannya ditanggung Baznas Deli Serdang,” terangnya.

Bantuan lainnya yaitu bekerjasama dengan Dinas Sosial Deli Serdang dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand, memulangkan seorang warga Kecamatan Lubuk Pakam yang terlantar di Thailand.

Hadir di acara tersebut, para pejabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang; perwakilan BPJS Tanjung Morawa; Camat Biru Biru, Camat Tanjung Morawa, Camat Patumbak, Camat Batang Kuis, unsur Baznas Kabupaten Deli Serdang dan lainnya.(Ezl )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top