Liputan Lintas Nasional

HM Ali Yusuf Siregar Bupati Deli Serdang Meresmikan Perpustakaan Digital Tingkatkan Literasi Masyarakat

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar melaunching (meresmikan) Perpustakaan Digital Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (16/1/2024).

Pada launching yang dirangkai dengan pemberian penghargaan Pemustaka Terbaik serta pemusnahan arsip Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang itu, Bupati menekankan pendirian Perpustakaan Digital merupakan salah satu upaya Pemkab Deli Serdang dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Upaya itu dilakukan melalui peningkatan minat baca masyarakat dengan menawarkan berbagai kemudahan dalam mengakses informasi dan pengetahuan.

Perpustakaan Digital tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan buku cetak, namun juga sebagai pemberi informasi serta buku secara elektronik.

“Harapannya, literasi masyarakat Deli Serdang bisa meningkat seiring dengan meningkatnya Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat atau PILM Deli Serdang. Mari kita manfaatkan inovasi ini serta budayakan membaca agar bisa menjadi masyarakat yang cerdas, mandiri dan bermartabat,” kata Bupati.

Bupati kembali menjelaskan, pemberian penghargaan kepada Pemustaka atau pengunjung terbaik yang berkunjung dan menikmati berbagai fasilitas di Perpustakaan Daerah Deli Serdang merupakan bentuk apresiasi Pemkab Deli Serdang kepada masyarakat yang berperan aktif di Perpustakaan Daerah.

“Ini karena kehadiran perpustakaan atau pengunjung yang aktif merupakan salah satu indikator keberhasilan perpustakaan sebagai wadah tepat bagi masyarakat untuk mengakses informasi dan pengetahuan,” terang Bupati.

Soal pemusnahan arsip, Bupati menyampaikan, hal itu merupakan salah satu bentuk pengelolaan arsip yang baik dan benar sesuai kaidah peraturan perundang-undangan kearsipan.

“Kegiatan (pemusnahan arsip) ini adalah menghancurkan fisik dan informasi arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna dan melampaui jangka waktu penyimpanan, sehingga tercipta efisiensi dan efektivitas dalam kearsipan. Program ini akan menyelamatkan penyalahgunaan arsip dari pihak tidak bertanggung jawab,” tutur Bupati.

Pemusnahan arsip yang dilakukan berasal dari 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) ada 396 berkas, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) 291 berkas, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) 2769 berkas, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) 200 berkas, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip 545 berkas.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang, Mukti Ali Harahap SAg MSi dalam laporannya menyampaikan, Perpustakaan Daerah Kabupaten Deli Serdang sebagai penyedia sumber informasi, selama ini masih menyediakan koneksi berbentuk fisik. Maka, dalam rangka penyesuaian dengan perubahan pola hidup masyarakat tentu sangat diperlukan perpustakaan berbasis online atau digital, sehingga perpustakaan tetap menjadi elemen vital kebutuhan masyarakat dalam menerima informasi dan menambah ilmu pengetahuan.

“Pemusnahan ini telah mengikuti proses dan prosedur sesuai dengan ketentuan, termasuk persetujuan tertulis dari Kepala Arsip Nasional di Jakarta,” sebutnya

“Kami sangat menyadari upaya peningkatan literasi masyarakat maupun pengelolaan arsip sesuai dengan ketentuan bukanlah hal mudah,” ucap Kadis Perpustakaan dan Arsip.

Turut hadir di acara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Daerah Deli Serdang, Inspektur, Sekretaris DPRD Deli Serdang, para pimpinan OPD Pemkab Deli Serdang; Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Camat Lubuk Pakam, Camat Beringin, Kepala Desa serta guru SD dan SMP se-Deli Serdang.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top