Kronik polri

Dukung Program PIN, Desa Karangdinoyo Laksanakan Imunisasi Seluruh Balita Desa

BOJONEGORO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Untuk mendukung kesuksesan Program Pekan Imunisasi Nasional (PIN), Desa Karangdinoyo melaksanakan kegiatan imunisasi seluruh balita dan anak pada hari Selasa (16/01/2024) tadi di Balai Desa Karangdinoyo. Sebanyak 226 balita dan anak yang rentang umur 0 sampai 7 tahun Desa Karangdinoyo mendapatkan tetesan vaksin imunisasi.

Pelaksana pelayanan P2 imunisasi Puskesmas Mejuwet yang sekaligus Nakes Desa Karangdinoyo Siti Alfidah Yuniati, Amd. Keb kepada media ini mengatakan bahwa untuk mendukung suksesnya program Pemerintah yaitu PIN, Puskesmas Mejuwet telah mengatur jadwal pelaksanaan imunisasi di desa – desa yang berada dibawah naungan tanggung jawab Puskesmas Mejuwet secara bergiliran. Adapun sasaran imunisasi yaitu seluruh balita dan anak yang berumur 0 tahun sampai 7 tahun.

“Hari ini memasuki hari kedua pelaksanaan imunisasi yang bertepatan di Desa Karangdinoyo. Sebanyak 226 balita dan anak telah menerima pemberian vaksin polio”, ucap Bu Bidan yang kerap akrap dipanggil Umi oleh Kader Posyandu Desa.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Karangdinoyo Aipda Yudi yang juga ikut dalam kegiatan tersebut menerangkan bahwa melalui Pemerintah Desa, anak dan balita yang masuk katagori pemberian vaksin polio sebelumnya telah diberikan undangan untuk mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan ini juga ada beberapa anak tadi yang sempat menangis saat mengikuti kegiatan.

“Sempat ada beberapa anak tadi yang merasa takut mengikuti kegiatan, namun setelah kegiatan malah tertawa karena hanya diberikan tetesan vaksin yang berasa manis kayak permen”, terang Aipda Yudi sambil ketawa mengenang peristiwa lucu tadi dalam kegiatan.

Selain pemberian vaksin imunisasi di Balai Desa, Pemberian vaksin polio juga dilakukan secara door to door bagi balita atau anak yang tidak bisa hadir di balai Desa secara langsung. Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas dibantu Mantri Desa Karangdinoyo M. Kharis, Amd.Kep, Ns dan kader posyandu desa.

“Bersama Mantri dan Kader, kami juga melakukan pemberian vaksin langsung dirumah”, imbuh Bhabinkamtibmas.

Perlu diketahui bersama bahwa, mulai tanggal 15 hingga 21 Januari 2024 Pemerintah telah mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk periode pertama dan tanggal 19 hingga 25 Februari untuk periode kedua. (Zul)
.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top