Liputan Lintas Nasional

HM Ali Yusuf Siregar: Penyaluran ZIS Wujud Komitmen Sejahterakan Masyarakat Deli Serdang

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar berharap penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah (ZIS) kepada warga kurang mampu terus dilaksanakan sebagai wujud perhatian dan komitmen Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Deli Serdang.

Berzakat merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur, terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT dalam kehidupan. Dengan berbagai rezeki dan kebahagiaan, menafkahkan sebagian harta untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya,” ucap Bupati pada Penyaluran Dana ZIS Tahun 2023 kepada warga kurang mampu dari Kecamatan Pantai Labu, Beringin, Lubuk Pakam dan Pagar Merbau di Aula Uncle Sam’s, Jalan Diponegoro, Lingkungan I, Kelurahan Lubuk Pakam I-II, Kecamatan Lubuk Pakam, Senin (15/1/2024).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, tegas Bupati, terus berikhtiar dengan segala upaya, komitmen dan kerja keras dalam mengurangi angka kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem, untuk mewujudkan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut membutuhkan dukungan kuat dari semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah dan swasta. Ikhtiar tersebut membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak, termasuk melalui penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq, dan sedekah oleh Baznas.

“Karena itu, saya mengimbau kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Deli Serdang untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas, sehingga dana zakat dapat dikelola dengan profesional dan transparan. Semoga dengan pengelolaan dan penyalurannya yang amanah, keberkahan dapat melingkupi kita semua serta kita bisa membangun kehidupan yang berperikemanusiaan dan berkeadilan,” harap Bupati.

Sebelumnya, Ketua Baznas Deli Serdang, H Surya Putra menjelaskan zakat, infak dan sedekah yang disalurkan merupakan dana tahun 2023, namun disalurkan pada tahun ini. “Alhamdulillah, dana yang terkumpul tahun 2023 naik Rp2,4 miliar dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp2,1 miliar. Peningkatan dana ZIS yang diperoleh berkat dorongan dan motivasi Pemkab Deli Serdang, khususnya Bupati dan mudah-mudahan dapat ditingkatkan,” kata H Surya Putra.

Selain penyaluran dana ZIS tersebut, Baznas juga telah memberikan modal usaha kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) di sejumlah titik di Kabupaten Deli Serdang. Baznas juga berkolaborasi dengan Dinas Sosial Deli Serdang dalam membantu biaya perobatan bagi para mustahik yang tidak mampu membayar biaya perobatan.

“Ada orang yang meninggal karena sakit, kita membantunya karena tidak bisa membayar sisa biaya perobatan, Baznas melunasinya,” jelasnya

Di tahun lalu, Baznas aktif sebagai Bapak Asuh Anak Stunting bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Deli Serdang untuk menekan angka stunting di Deli Serdang.

Baznas juga telah membantu petani di beberapa lokasi yang tujuannya agar terlepas dari rentenir. “Ada 3 tempat yang telah kami bantu. Alhamdulillah, setelah mereka mau menerima bantuan, hasil pertaniannya cukup. Mereka juga membayar zakat di Baznas. InsyaAllah bantuan ini akan kami perluas, namun disesuaikan dengan dana ZIS yang diterima,” katanya.

Baznas juga dalam pengembangan dakwah bekerjasama denga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Deli Serdang, yaitu dengan bantuan Fisabilillahnya membantu da’i-da’i yang berdakwah di Desa-desa terpencil di 6 Kecamatan.

“Kami juga bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk melindungi para da’i yang sedang berdakwah di daerah terpencil, sekaligus juga para marbot di daerah tersebut yang mendapat gaji kecil maupun tidak bergaji kami daftarkan di BPJS ketenagakerjaan,” terangnya.

Pada penyaluran dana ZIS kali ini, sebut H Surya Putra, dari 4 Kecamatan sebanyak 225 orang dengan masing-masing mendapatkan Rp300 ribu. Ada juga yang mendapat bantuan 2 unit kursi roda dan satu unit sepeda.

Hadir di kesempatan itu, Kepala Dinas P3AP2KB, Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Camat Lubuk Pakam, Camat Pantai Labu, Camat Beringin Ketua MUI Deli Serdang, Kyai H Danramil 06/LP, Kapt Inf Kapolsek Lubuk Pakam, Sekcam Lubuk Pakam, KUA Lubuk Pakam, Lurah Lubuk Pakam, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Tanjung Morawa, Owner Uncle Sam’s, dan lainnya.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top