Uncategorized

Hari Dharma Samudera Tahun 2024, Koarmada III Gelar Tabur Bunga di Perairan Laut Kota Sorong

SORONG – persbhayangkara.id PAPUA BARAT DAYA

Dalam rangka Hari Dharma Samudera Ke – 62 Tahun 2024, Panglima komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI TNI Hersan S.H, M.SI, M.Tr Opsla yang di wakili kepala staf Koarmada III Laksamana pertama TNI Singgih Sugiarto S.T, M.Si yang bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada upacara tabur bunga di laut dengan mengunakan kapal KRI dr.Wahidin Sudirohusodo – 991 yang bertolak dari dermaga Lantamal XIV jln. Bubara No.1 kelurahan klaligi distrik Sorong manoi kota Sorong provinsi Papua Barat daya. Senin (15/01/2024).

Upacara tabur bunga di laut tersebut dalam rangka Hari Samudera tahun 2024, yang di awali dengan penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan yang telah gugur di laut Aru. Selanjutnya Pangkoarmada III yang di wakili oleh kepala staf Koarmada III langsung melaksanakan pelarungan bunga dan di lanjutkan dengan prosesi tabur bunga ke laut, serta di ikuti oleh seluruh peserta upacara dan berlangsung dengan khidmat.

Upacara tersebut juga di hadiri oleh Petinggi TNI AL dan Forkopimda di wilayah provinsi Papua Barat daya, Tabur bunga kali ini merupakan bentuk penghormatan bagi seluruh para prajurit TNI Angkatan Laut kepada para Pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, salah satu nya pada peristiwa heroik yakni Pertempuran Laut Aru yang telah terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 silam. Puncak peringatan Hari Dharma Samudera Ke-62 tepatnya pada tanggal 15 Januari 2024 ini dilaksanakan Upacara Tabur Bunga laut di atas geladak kapal KRI dr.Wahidin Sudirohusodo-991.

Kegiatan tabur bunga di laut tersebut dalam rangka Hari Dharma Samudera yang diikuti oleh Danrem 181/Pvt Brigjen TNI Totok Sutriono S.Sos, MM. Danlantamal XIV Sorong Laksamana pertama TNI Deny Prasetyo. Wadan Lantamal XIV Sorong, kolonel (Mar) Reza Suud. SE, MM. Wadan Pasmar 3 Kolonel (Mar) David Chandra Viasco. Aspotmar Koarmada III Kolonel (Mar) Marsono. Dandim 1802/Sorong Letkol Cpn. Andi Pamungkas S.E, M.IP. Danyon Zipur-20/PPA Letkol Czi. Moch Zaenal Wafa. Danyon Marhanlan Lantamal XIV Sorong Mayor (Mar) Andi Muhammad Yusuf M.Tr.Opsla. Waka polres Sorong Kompol Emmy Fenityruma S.Sos. PJ. Walikota Sorong Septinus Lobat, S.H, M.PA. PJ. Bupati Sorong Cliff A Japsenang S.Sos, M.Si. Kadis perhubungan provinsi Papua Barat daya Victor Salossa. Kepala Basarnas kota Sorong bapak Amiruddin.A. S.sos, Kepala bidang pendidikan Bea dan Cukai Sorong bapak Ade Irawan, Gabungan ibu-ibu Jalasenastri Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 serta para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS TNI AL,”tutupnya”.

(Timo/Alvyyan/Hamdi Fahmi Sab)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top