Seputar TNI & POLRI

Patroli Gabungan Tiga Pilar Polres Malang, Tingkatkan Kondusifitas Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

MALANG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Sebagai langkah strategis untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di tengah persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Malang, Polda Jawa Timur, menggelar patroli gabungan tiga pilar, Sabtu (9/12/2023) malam.

Patroli ini melibatkan personel dari TNI, Polri, dan Satpol-PP, yang dengan sigap berkolaborasi guna meningkatkan pengamanan wilayah. Fokus kali ini adalah Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baaslu) dan gudang logistik pemilu di Kabupaten Malang.

Kantor KPU, Bawaslu, dan gudang logistik menjadi pusat perhatian karena kedua tempat tersebut memiliki peran krusial dalam kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2024. Sejumlah personel juga ditempatkan untuk memastikan pengamanan maksimal di sekitar area tersebut, termasuk deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan.

Kasihumas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, megatakan patroli gabungan tiga pilar ini merupakan bagian dari strategi keseluruhan Polres Malang untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif sepanjang tahapan Pemilu. Diharapkan, keberadaan personel dari berbagai instansi dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat, khususnya menjelang Pemilu yang semakin dekat.

“Sasaran utama patroli ini adalah untuk memastikan keamanan di sekitar Kantor KPU, Bawaslu dan gudang logistik. Tempat tersebut menjadi titik fokus kami karena keterlibatan mereka sangat vital dalam pelaksanaan Pemilu 2024,” ungkap Ipda Adnan saat dikonfirmasi di Polres Malang, Minggu (10/12).

Ipda Adnan menambahkan, selain pengamanan di wilayah sekitar Kantor KPU dan gudang logistik, patroli juga meluas ke Kecamatan Kepanjen. Langkah ini diambil untuk mencegah gangguan Kamtibmas malam hari, termasuk potensi kejahatan jalanan hingga aksi balap liar yang kerap terjadi di beberapa titik.

“Patroli ini menjadi bagian dari langkah antisipasi Polres Malang dalam menghadapi potensi gangguan kamtibmas selama proses Pemilu,” imbuhnya.

Patroli gabungan ini merupakan bentuk komitmen penuh dari aparat keamanan untuk memastikan proses demokrasi berlangsung dengan aman, adil, dan terkendali. Dengan adanya kehadiran tiga pilar, diharapkan dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, serta menekan potensi gangguan keamanan selama tahapan Pemilu 2024. (u-hms/sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top