Liputan Lintas Nasional

Sungai Mangetan Kanal Kini Berubah Jadi Destinasi Wisata Sungai yang Menajubkan

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Wajah sungai Mangetan Kanal yang melintasi Desa Keboansikep Kecamatan Gedangan kini berubah. Banyak lampu hias berwarna-warni bergelantungan tengah sungai. Jembatan kecil yang membentang juga didekorasi oleh lampu hias. Hasilnya sungguh indah. Dekorasi dua angsa besar bercahaya juga menjadi spot selfi yang tidak boleh terlewatkan.

Itulah sedikit gambaran sungai Mangetan Kanal yang diubah Pemerintah Desa Keboansikep bersama warganya untuk ikut Program Sidoarjo Revitalisasi Fungsi Kali atau Sido Resik 2023. Setelah dipercantik, Sungai Mangetan Kanal itu dinamai Wisata Sido Resik Jogorso River Park Keboansikep. Sebuah destinasi wisata sungai yang indah dan bersih.

Konsep yang diusung Wisata Sido Resik Jogorso River Park Keboansikep adalah wisata malam kuliner. Berbagai macam kuliner disajikan warga. Kuliner bersama keluarga pastilah menyenangkan ditempat tersebut. Sembari makan sembari menikmati keindahan sungai. Pernak-pernik hiasan di jalur sepadan sungai tersebut sungguh indah. Komunitas Ayo Berkebun dari RW 8 juga memanfaatkan sepadan sungai itu untuk berkebun. Tanaman hias serta Toga (Tanaman Obat Keluarga) ada ditempat tersebut. Warga juga menanam sayuran sistem hidroponik.

Bagi keluarga yang membawa anak-anaknya, Wisata Sido Resik Jogorso River Park Keboansikep telah menyediakan wisata air berupa perahu bebek. Jika ingin sedikit basah disediakan perahu kano.

Penggagas Program Sido Resik Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor S.Hum takjub dengan lampion-lampion diatas Sungai Mangetan Kanal. Cara warga Desa Keboansikep mengubah sungainya bertabur ribuan lampion sungguh indah. Ketakjubannya itu diungkapkannya saat melakukan penilaian di Wisata Sido Resik Jogorso River Park Keboansikep tersebut, Selasa, (5/12).

“Luar biasa sekali konsep yang dihadirkan Pemerintah Desa Keboan Sikep dalam menghias sungainya, mereka menghadirkan 1001 lampion dengan wisata malam kulinernya yang patut dicoba,”ucapnya. Git/sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top