Liputan Seputar TNI

KRI Teluk Weda-526 Koarmada III, Kembali Dukung Program Literasi Kemampuan Belajar Membaca Anak

SORONG – persbhayangkara.id PAPUA BARAT DAYA

19/09/23, KRI Teluk Weda-526 salah satu Kapal Perang milik Koarmada III yang sedang sandar di Dermaga Lantamal XIV Sorong Papua Barat Daya turut serta mensukseskan pelaksanaan kegiatan Literasi Kemampuan Membaca Anak di Kota Sorong. (18/09/23).

Program literasi kali ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yaitu di Taman Satrol Lantamal XIV Sorong dengan melaksanakan kegiatan mewarnai tingkat anak-anak dan kunjungan ke KRI Teluk Weda-526 dengan menyediakan buku-buku bacaan yang menarik bagi anak-anak.

Selain dapat dibaca ditempat dengan suasana kapal perang yang jarang mereka temui, anak-anak juga dapat membawa pulang buku-buku yang mereka minati. Buku ini dibagikan dengan gratis oleh Komandan KRI Teluk Weda-526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma.

Buku-buku ini merupakan sumbangan dari Perpustakaan Nasional dan Komunitas Kargo Baca untuk disalurkan kepada anak-anak yang tinggal di daerah pesisir yang sulit dijangkau, imbuh Letkol Ricky.

Lomba mewarnai dan kunjungan ke kapal perang TNI AL ini diikuti oleh 118 anak-anak yang tergabung dalam berbagai komunitas antara lain Taman Baca Masyarakat Papua Berbagi, Taman Baca Masyarakat Samariah, Kelas Victory, Rumah Baca Suprau, Rumah Egad Sorong, TK Hangtuah dan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) serta beberapa komunitas baca lainnya.

KRI Teluk Weda-526 yang merupakan unsur dari Satuan Kapal Amfibi/Satfib Koarmada III ini adalah salah satu kapal yang sangat aktif dalam melaksanakan patroli dan menjaga keamanan laut di wilayah kerja Koarmada III, dimana pada saat setiap sandar di manapun berada di wilayah Papua dan Maluku, juga sekaligus mengemban misi sebagai perpusakaan terapung di daerah-daerah pesisir,

Secara terpisah, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan bahwa kapal-kapal perang yang sandar di daerah pesisir diharapkan dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat dan berkontribusi positif bagi masyarakat di sekitarnya.

Berbagai cara yang dapat dilakukan dalam memberikan manfaat bagi masyarakat salah satunya dengan menyediakan tempat dan meningkatkan minat baca anak-anak seperti yang dilakukan KRI Teluk Weda-526, pungkas Panglima.

(Timo/Alvyyan/Hamdi Fahmi Sab)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top