Liputan Lintas Nasional

HMA Yusuf Siregar: Beasiswa 5 Orang ke Cina dari Apkasi, Perkuat Anggaran Demi Anak-anak Bangsa

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang mendapat kuota 5 orang untuk mengenyam pendidikan ke Cina melalui jalur beasiswa yang disiapkan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

Kuota 5 orang penerima beasiswa ini disampaikan Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kesehatan, Dr Himmatul Hasanah MP ketika bertemu Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar di Ruang Rapat, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (13/7/2023).

“Tujuannya adalah menyampaikan program dari Apkasi. Selama ini, Apkasi telah membantu pemerintah daerah terkait kekurangan guru. Dan ini sudah terjawab dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). InsyaAllah tahun ini akan ada pengangkatan lagi, sekitar satu juta Aparatur Sipil Negara (ASN). Cuma untuk bidang apa saja, kita belum tahu. Harapannya, semoga akan ada guru juga yang ASN,” ucapnya.

“Ada 5 program penting Apkasi. Antara lain, kesempatan untuk menempuh pendidikan di Cina. Kesempatan menempuh pendidikan beasiswa untuk Kabupaten Deli Serdang ini 5 orang, lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau mereka yang telah lulus 2 atau 3 tahun lalu, untuk D3, kemudian S1. Tahun ini, (Apkasi) mendapat jatah 200-an kesempatan beasiswa yang diberikan ke berbagai kabupaten,” terangnya lagi.

Selain itu, tahun 2024 mendatang, ada juga program kemitraan dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di penintgkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) daerah dengan beasiswa daerah sejumlah 2.500 orang, yang nantinya akan disebar ke seluruh kabupaten di Indonesia.

Selanjutnya, program yang akan segera dijalankan adalah peningkatan kualitas guru dan SDM daerah dalam pembelajaran bahasa Inggris cepat dalam tiga hari. Dan ini, semoga segera diupayakan. Program peningkatan kualitas ini kan Deli Serdang belum, karena sudah dilakukan oleh 250 kabupaten lainnya,” paparnya.

Di tempat yang sama, Wabup menyambut baik program-program yang dijabarkan Apkasi. Untuk hal itu, Wabup menekankan agar anggaran diperkuat demi kepentingan anak-anak bangsa di Deli Serdang.

“Saya tertarik dengan program beasiswa Apkasi ini, baik SMA, D3, S1 dan lainnya. Cuma saya belum tahu, apakah biayanya untuk sampai selesai. Diharapkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) untuk menyikapinya,” ucap Wabup.

Disebutkan Wabup, program-program Apkasi bertujuan untuk membantu kepentingan generasi muda, yang pada akhirnya demi kemajuan Kabupaten Deli Serdang sendiri.

“Yang paling penting adalah komitmen, maukah Pemkab Deli Serdang untuk menjalankan program itu. Kalau kita mau, saya pikir tidak susah. Mudah-mudahan ini bisa ditindaklanjuti. Dan harapannya, bisa diikuti. Diutamakan, 5 kuota untuk pendidikan ke luar negeri. Sehingga SDM berkualitas di Deli Serdang bisa bertambah, karena mengenyam pendidikan di luar negeri,” harap Wabup.

Turut hadir pada pertemuan itu, dari Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara, dan PT Infokus Indonesia.

Mendampingi Wabup, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Sekretaris Bappedalitbang, Sekretaris Dinas Kesehatan.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top