Kronik polri

Biro SDM Polda Jatim beri Pendampingan Psikologis Kepada Personel Polres Malang

MALANG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kepolisian Daerah Jawa Timur menurunkan Tim Psikologi Kepolisian dari bagian Psikologi Biro SDM untuk melakukan pendampingan psikologis dan trauma healing kepada personel Polres Malang yang terlibat pengamanan dalam tragedi Kanjuruhan, di gedung Sanika Satyawada, Polres Malang, Selasa (22/11/2022) siang.

Kepala Biro SDM Polda Jawa Timur, Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pendampingan dari Polda Jatim untuk memberikan penyegaran mental dan penyembuhan trauma usai kejadian yang mengakibatkan ratusan orang menjadi korban di Stadion Kanjuruhan (1/10) silam.

“Kami dari Biro SDM Bagian Psikologi membantu memberikan motivasi dan rasa empati kami, kepada bapak ibu yang melakukan pengaman usai tragedi Kanjuruhan 1 Oktober,” ucap Kombes Pol Harry di Polres Malang, Selasa (22/11).

Ia melanjutkan, berdasarkan riset penelitian diketahui Polisi merupakan korporasi yang rentan terkait masalah kesehatan mental. Ada tiga faktor yang berpengaruh, yang pertama karena profesi polisi adalah salah satu lini terdepan yang menangani keadaan darurat setiap harinya.

“Kedua, paparan dari peristiwa traumatis yang berulang sering terjadi ketika menemui tugas pokok serta fungsi Polri, seperti KDRT, Kecelakaan lalu lintas, kasus Pembunuhan atau yang lain. Kemudian ketiga, persepsi negatif dari masyarakat dan rekan kerja,” lanjutnya.

Mengakhiri sambutannya, Harry berpesan kepada seluruh personel agar tetap melayani dan mengayomi masyarakat dengan sepenuh hati.

“Tetaplah mengayomi dan melayani dengan setulus hati. Karena hidup butuh perjuangan, pengorbanan, semua pasti berlalu,” pungkas Harry.

Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polda Jatim yang telah berkenan memberikan arahan dan pendampingan psikologi kepada personel jajaran Polres Malang yang pada saat 1 Oktober 2022 ikut melaksanakan pengamanan di Stadion Kanjuruhan.

“Kami ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya. Mudah-mudahan pendampingan yang diberikan bisa menambah motivasi dan semangat kami di Polres Malang, agar segera bangkit dan semangat kembali untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai insan Bhayangkara di Kabupaten Malang,” ucap AKBP Kholis.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan tersebut dinilai sangat bermanfaat dengan membantu memberikan ketenangan, menghilangkan rasa cemas, dan mengurangi stres yang kemungkinan besar dihadapi personel di lapangan.

Sementara itu, selain pemberian bantuan psikologis, tim Psikologi dari Biro SDM Polda Jatim juga melayani konseling individu dan kelompok kepada para personel Polri.

Nampak beberapa personel terlihat larut dalam keharuan selama mengikuti kegiatan. Mereka saling menguatkan memberi motivasi.

Sejumlah personel yang mengikuti kegiatan mengaku senang dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan psikologis dari Polda Jatim.

“Kami senang kegiatan psikologi ini, kami jadi lebih rileks, tenang, sekarang lebih lega rasanya. Terima kasih kepada Polda Jatim atas pelayannya,” ujar seorang personel. (u-hmsresma). Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top