Kronik polri

Dialog Interaktif Poldasu: Masih Banyak Operasi Kamtibmas yang akan Dilaksanakan, Apa Saja ?

MEDAN – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Dialog Interaktif Halo Polisi Polda Sumatera Utara di Lintas Medan Sore dengan channel 94, 3 FM RRI Medan, dengan host Ricky Subandi.

Kabag Kerma Biro Ops Polda Sumatera Utara AKBP Endang Hermawan SH dan PS Kabag Dal Ops Ro Ops Polda Sumatera Utara Kompol Oloan Siahaan SIK, SH. MH menjadi narasumber Dialog Interaktif dengan mengambil topik ” Situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Sumatera Utara.”

Narasumber dalam dialog tetap didampingi oleh Narasumber juga didampingi oleh Paur Mitra Subbid Penmas Bid Humas Penata TK.I Jamaluddin S Sos dan Baur Penmas Bid Humas Poldasu Aiptu Widodo.

Apa saja yg dilakukan Polda Sumut dalam hal penanggulangan bencana di saat ini, bagaimana kesiapan menghadapi perayaan Nataru, peran serta Biroops Polda Sumut dalam hal menghadapi permasalahan Kamtibmas dan bencana, langkah-langkah apa yang dilakukan terkait pengamanan Pilkades di beberapa Kabupaten/kota yang sudah berlangsung maupun yang akan dilaksanakan, bagaimana koordinasi dengan instansi samping terkait Kamtibmas. Beragam pertanyaan tersebut yang dilontarkan oleh host maupun pemirsa, dan semuanya ini tidak terlepas dari peran dan fungsi Biroops, ucap narasumber.

Kemudian narasumber melanjutkan, bahwa Biro Operasi (Roops) Polri adalah unsur pengawas dan pembantu pimpinan pada tingkat Polda yang berada di bawah Kapolda. Roops bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi manajemen bidang operasi antara lain pelatihan pra operasi, koordinasi, dan kerja sama dalam rangka operasi kepolisian.

Roops dalam melaksanakan tugasnya, yang sesuai dengan fungsinya yakni, penyiapan dan/atau perumusan kebijakan pimpinan dan rencana strategis bidang operasi, pembinaan manajemen operasi kepolisian, yang meliputi perencanaan, administrasi, dan pengendalian operasi kepolisian, serta tindakan kontinjensi, pembinaan manajemen pelatihan pra operasi termasuk kerja sama dan pelatihan dalam rangka operasi kepolisian, dan pengkoordinasian, pengadministrasian, dan pengendalian operasi termasuk pengumpulan, pengolahan, penyajian data operasi, serta pelaporan pada pimpinan.

Sudah banyak operasi yang dilaksanakan sebelum tahun dan dalam tahun 2022, seperti operasi kemanusiaan tentang bencana alam (tanah longsor, banjir), Kamtibmas, Kamseltibcar Lantas, Covid-19 dan maupun yang akan dilaksanakan, misalnya operasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 yakni, operasi Sikat Toba, operasi Bina Karuna Toba, operasi Bina Kusuma Toba, dan operasi Lilin Toba.

“Biro Ops akan semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat, agar masyarakat merasa aman, nyaman dan kami akan berupaya, melaksanakan dan mengevaluasi kinerja petugas agar petugas bekerja tepat pada sasarannya, agar masyarakat benar-benar merasa dilayani oleh Polri. Khususnya pada perayaan Nataru kita siap menjaga rumah ibadah Gereja-gereja dan fokus utama pada angkutan darat. Mengenai Pilkades kita meminta agar daerah yang rawan akan dilipatgandakan keamanannya,” tutup narasumber.

Dialog Interaktif berjalan aman, tertib dan lancar serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top