Ragam Peristiwa

Akibat DAM Sungai tidak Berfungsi dan Sampah Menumpuk, Air Meluber Banjiri Perkampungan

PROBOLINGGO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Hujan deras mengguyur dan membasahi wilayah Probolinggo, hingga bencana alam banjir pun kerap terjadi, kali ini Bendungan Sungai di jalan Prof Hamka di Kecamatan Kademangan dikeluhkan masyarakat setempat, akibat Bendungan Kelep Sungai yang berada di Jalan Prof Hamka Kecamatan kademangan kota probolinggo tidak berfungsi dengan baik, airnya pun meluapkan rumah warga perkampungan. Minggu Malam (20/11/2022)

“Air Dam sungai keleb yang meluap dan meluber disinyalir juga masuk rumah ke pemukiman warga, puluhan rumah dari 2 kelurahan mengalami kebanjiran, meluapnya arus sungai tersebut juga mengalir ke jalan raya yang mengakibatkan kemacetan , alhasil dengan sigap dan tanggap Petugas kepolisian Satlantas bergerak cepat langsung mendatangi TKP, dan langsung mengalihkan arus lalin agar tidak terjebak macet mengingat jalur tersebut merupakan jalur utama penghubung antar kabupaten.

Selang tak butuh lama, datanglah personil BPBD Kabupaten Probolinggo langsung mengerahkan alat berat untuk mengambil sampah yang menutupi pintu air, agar arus air segera lancar mengalir.

Lanjut tim awak media persbhayangkara menemui Ipda tohari untuk mendapatkan informasi insiden yang terjadi beliau menjelaskan, bencana alam banjir saat ini memang menyebabkan arus lalulintas menuju lumajang tersendat.

Luapan air dari sungai legundi kejalan raya jalur selatan sementara kita tutup,takut membahayakan pengguna jalan, dan arus lalulintas kita alihkan ke arah yang lain, celetuk Tohari.

Di sisi perihal lain, Pemkab Probolinggo Kota dan Forkopimda menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan atau membuang sampah ke sungai, karna bencana alam banjir kali ini jadi bukti nyata adanya penumpukan sampah di sekitar Dam Keleb Sungai Kademangan.

Mari kita semua warga masyarakat se-kabupaten Probolinggo saling sadar diri, akibat hujan deras dan luapan aliran sungai meluap ditambah dengan tumpukan sampah mengakibatkan jembatan tidak kuat menahan bisa membuat jembatan tersebut bisa roboh, di himbau ke masyarakat Probolinggo kurangilah membuang sampah ke sungai. Ida Y

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Paling Populer dalam 30 hari

To Top