Liputan Lintas Nasional

ITS Pamerkan 62 Karya Inovasi Teknologi dalam TENNOVEX 2022

SURABAYA – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Rektor ITS mendampingi Wakil Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota Surabaya mengunjungi salah satu booth inovasi terbaru ITS berupa mobil listrik multifungsi MEvITS
Masih dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-62, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar pameran inovasi teknologi bertajuk TENNOVEX 2022 di Atrium Grand City Surabaya. Pada pameran yang digelar selama enam hari mulai Selasa (8/11/2022) ini, ITS menampilkan 62 inovasi teknologi karya sivitas akademikanya.

Teknologi yang disuguhkan berasal dari klaster inovasi kesehatan, maritim dan energi, otomotif, teknologi informasi dan komunikasi & robotika, desain kreatif, serta agri-pangan. Pameran yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Elestianto Dardak bersama Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Pameran ini digelar untuk mempromosikan karya-karya inovasi sivitas akademika ITS yang telah berhasil diimplementasikan di kehidupan masyarakat. “Karya-karya inovasi ini merupakan perwujudan solusi teknologi atas permasalahan dan kebutuhan masyarakat,” ungkap Ketua Panitia TENNOVEX 2022 Dr Eng Kriyo Sambodho ST MEng.

Dalam sambutan pembukaannya, Emil mengungkapkan turut mendukung penuh seluruh pengembangan teknologi gagasan ITS. Emil berharap inovasi-inovasi ITS ini mampu membawa perubahan untuk Surabaya, bahkan Indonesia yang lebih baik. “Selamat ulang tahun yang ke-62 untuk ITS dan teruslah membawa kebermanfaatan untuk masyarakat,” ucap Emil mengapresiasi.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surabaya juga menyampaikan rasa bangganya pada ITS yang tak hentinya berkarya untuk kemajuan teknologi di Indonesia. “Teknologi itu harus memasyarakat dan teknologi besutan ITS yang selalu menjawab permasalahan di kalangan masyarakat,” ujar Eri yang juga alumnus ITS ini.

Sementara itu, Rektor ITS yang akrab disapa Ashari menuturkan bahwa produk-produk inovasi ITS ini telah siap diproduksi secara massal untuk menjawab permasalahan di masyarakat. Produk tersebut di antaranya e-Trail BANGKITS, motor trail listrik yang dipergunakan di daerah pegunungan Puncak Jaya Wijaya, Papua. Ada pula tablet merah putih DIGITS, yakni tablet edukasi yang dimanfaatkan untuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia. Tidak ketinggalan pula, motor listrik GESITS serta mobil otonom i-Car, yakni mobil cerdas tanpa sopir yang telah melayani rute dalam kampus ITS dan rute lainnya.

Adapun inovasi terbaru besutan ITS yakni mobil listrik multiguna ITS berkonsep pickup yang tangguh dan hemat energi, MevITS. Selain itu, dipamerkan pula Cobi (Commuter Bike) yang merupakan sepeda lipat yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas warga komuter. Cobi mudah dilipat dan dapat digunakan sebagai sarana duduk ketika naik kereta.

Terakhir, Ashari berharap bahwa ke depannya ITS dapat terus melahirkan karya-karya teknologi yang dapat memajukan kemanusiaan. “Kami berharap dapat terus menggelar pameran-pameran teknologi yang lebih besar lagi untuk mengenalkan ke masyarakat mengenai inovasi karya anak bangsa,” tuntas Guru Besar Teknik Elektro ITS ini. Mad/sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top