Liputan Lintas Nasional

Ketua TP PKK Kabupaten Ponorogo: Berkebun Membuat Saya Merasa Happy

PONOROGO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kadar kecintaan Susilowati Sugiri Sancoko terhadap tanaman tak lagi diragukan. Ratusan tanaman beragam jenis tumbuh terawat menghijaukan kebun kediamannya di Desa Bajang Kecamatan Balong. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo itu juga menjalani hobi berkebun di lingkungan Pringgitan (rumah dinas bupati Ponorogo).

‘’Berkebun membuat saya merasa happy,’’ kata ibu dari tiga orang anak itu, Kamis (3/11/2022).

Kegemaran Bu Sus sapaan Susilowati Sugiri Sancoko, bercocok tanam ikut menandai peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh tanggal 5 November saban tahun.

Bukan melulu tanaman hias, First Lady Ponorogo itu juga menyukai tanaman sayur dan buah. ‘’Semua tanaman punya keunikan masing-masing, saya berusaha mengembangkannya. Dari satu jenis tanaman dikembangkan jadi dua, tiga pohon atau lebih,’’ ungkapnya.

Bu Sus mengaku kerap penasaran dengan beragam jenis tanaman khas dataran tinggi. Tatkala ditanam di kebunnya, tanaman itu sulit berbunga atau berbuah. Tak urung, istri Kang Bupati sapaan Bupati Sugiri Sancokotersebut merasa penasaran.

‘’Terus mencari treatmen agar mau berbunga atau muncul buahnya,’’ terang Bu Sus.

Menurut dia, berkebun adalah hobi yang mudah dilakoni. Tidak harus memilih tanaman berharga mahal. Tumbuhan atau pohon yang gampang didapat di sekitar rumah juga layak untuk ditanam. Selain itu, bercocok tanam tidak memerlukan peranti yang rumit.

‘’Cukup siapkan pot, tanah campur sekam, beres sudah. Kalau mau langsung ditanam di tanah, malah tinggal butuh sekam dan pupuk,’’ ujarnya.

Banyaknya tanaman ternyata juga mengundang berbagai satwa kecil seperti lebah dan burung untuk singgah. Keberadaan satwa-satwa itu selain membantu penyerbukan, juga membuat suasana kebun menjadi lebih hidup.

‘’Di kebun sering datang burung, lebah, dan kupu-kupu. Bercocok tanam juga turut membantu kelestarian satwa,’’ pungkas Bu Sus. (why/sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top