Kronik polri

Kapolsek Sampang Tanamkan Nilai Luhur Pancasila Ke Murid SD Negeri Rong Tengah V

SAMPANG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kapolsek Sampang AKP Tomo S.Pd senin (24/10/2022) pagi bersama anggotanya melaksanakan kegiatan Police Goes To School di UPTD Rong Tengah V Sampang.

Selain sudah menjadi kegiatan rutin setiap hari senin dengan mengunjungi sekolah mulai tingkat SD sampai tingkat SMA, giat Police Goes To School juga menindak lanjuti surat kepala sekolah UPTD SD Negeri Rong Tengah V yang meminta Kapolsek Sampang untuk menjadi inspektur upacara di sekolah dasar yang berada di Jl. Merapi II Kelurahan Rongtengah Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang – Madura.

Saat menjadi inspektur upacara bendera yang diikuti kepala sekolah, guru dan seluruh siswa-siswi UPTD SD Negeri Rong Tengah V, AKP Tomo menyampaikan arahan tentang pentingnya mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan berbangsa.

AKP Tomo menegaskan kepada seluruh peserta upacara bendera bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi negara Republik Indonesia.

Kapolres Sampang AKBP Arman S.IK, M.Si yang di wakili Kapolsek Sampang AKP Tomo S.Pd selesai pelaksanaan upacara bendera mengatakan kepada awak media bahwa saat menjadi inspektur upacara berharap guru bisa menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila saat murid berada di sekolah.

“Menanamkan nilai-nilai Pancasila di sekolah bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan karena anak akan selalu senang dan tidak bosan, anak-anak akan mudah menerima pendidikan yang mengajarkan sikap saling hormat menghormati antar umat beragama, sikap sopan santun yang berperikemanusiaan, sikap rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia, menumbuhkan sikap demokratis dan sikap adil, jujur dan tolong menolong tanpa mempedulikan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA)” kata AKP Tomo.

Kapolsek Sampang mengatakan betapa pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini untuk membentuk moral, sikap dan perilaku anak-anak sehingga bisa tumbuh kembang dengan mempunyai akhlak mulia sesuai harapan orang tua, masyarakat, bangsa dan negara.

“Pembentukan moral pada anak sejak usia dini juga sangat dibutuhkan. Hal ini dimaksudkan agar perilaku anak tidak menyimpang dari nilai-nilai Pancasila. Pembentukan moral perlu dilakukan sedikit demi sedikit. Dengan dilakukan sedikit demi sedikit anak bisa mengerti dan meresapinya yang kemudian bisa diterapkan dalam tingkah laku dan perbuatannya” lanjut Kapolsek Sampang AKP Tomo S.Pd.

AKP Tomo juga memberi contoh kepada siswa-siswi UPTD SD Negeri Rong Tengah V dalam meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dengan melaksanakan upacara setiap hari senin dengan hormat bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan Pancasila.

Kapolsek Sampang menjelaskan bahwa sejak salah satu guru UPTD SD Negeri Rong Tengah V di amankan Tim Densus 88 Mabes Polri, AKBP Arman S,IK, M.Si memerintahkan anggotanya khususnya Polsek Sampang terus memantau perkembangan siswa-siswi dengan memberikan trauma healing agar segera melupakan kejadian tersebut.

“Oleh karena itu pembentukan moral sejak usia dini sangat penting untuk mempersiapkan saat mereka kelak menjadi anak dewasa agar mereka tumbuh menjadi anak yang bermoral sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang diharapkan oleh bangsa dan negara, sehingga dengan mempersiapkan sejak dini moral bangsa
akan membaik dengan lahirnya generasi baru yang bermoral dan di jauhkan dari segala bentuk paham dan tindakan radikal” pungkas Kapolsek Sampang AKP Tomo S.Pd.

Moh sahidi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top