Kronik polri

Respon Cepat, Polisi di Banyuwangi Selamatkan Lansia Terjebak Banjir

BANYUWANGI – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Hujan lebat sejak Minggu (16/10/2022) malam hingga Senin (17/10/2022) pagi, membuat sejumlah sungai meluap hingga menyebabkan beberapa kelurahan di wilayah perkotaan Banyuwangi terendam banjir.

Tim SAR Polsek Banyuwangi yang di komando Kapolsek AKP Kusmin merespon cepat bencana banjir tersebut dengan melakukan evakuasi korban.

Saat melakukan penyisiran rumah di Kelurahan Sobo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, tim menemukan sejumlah lansia yang sedang terjebak banjir di dalam rumah. AKP Kusmin bersama anggota langsung mengevakuasi mereka ke rumah warga di sekitarnya yang lebih aman.

“Saat melakukan penyisiran, kami menemukan dua lansia yang sedang terjebak banjir, maka dengan sigap kami langsung membawanya ke tempat yang lebih aman,” ungkap Kusmin.

AKP Kusmin menyebut, hujan dengan intensitas tinggi sejak semalam tidak hanya merendam rumah-rumah warga, namun juga meluap ke jalan raya di Sobo.

“Sampai pagi ini air masih menggenang di rumah-rumah warga. Kami bersama tim terus bergerak untuk menyelamatkan warga terdampak. Termasuk barang-barang yang masih bisa diselamatkan,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, setidaknya ada empat sungai yang dilaporkan meluap. Masing-masing adalah aliran Sungai Kaligulung, Sungai Kali Sobo, Sungai Kalilo dan Sungai Kali Bagong.

Plt Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Ilzam Nuzuli, menyebut, luapan sejumlah sungai itu diprediksi bisa merendam ratusan rumah warga.

“Bisa ratusan rumah terdampak kalau melihat luapannya. Kelurahan terdampak kalau kita lihat sekitar bantaran tiga sungai itu, yakni Perumahan Sutri, Perumahan Sobo, sama Pemukiman di Muara Kalilo,” cetusnya.

Tim Reaksi Cepat BPBD, lanjut Ilzam, saat ini langsung melakukan penanganan dan tindak lanjut di sejumlah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top