Liputan Seputar TNI

Bangun Ekonomi Kreatif di Perbatasan Papua, Satgas Yonif 126/KC ajarkan Mama Anyam Piring Ingke

PAPUA – PERSBHAYANGKARA.ID

Selain melaksanakan tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan, Satgas Yonif 126/KC juga melaksanakan peran dalam pemberdayaan wilayah secara tepat guna dan konsisten. Kali ini personel Satgas dari Pos Kalipay mengembangkan ekonomi kreatif sesuai dengan sumber daya dan tipologi wilayah yang ada dengan mengajari masyarakat memproduksi piring ingke dari lidi daun kelapa.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Distrik Senggi, Papua. Senin (10/10/2022).

Mayoritas masyarakat di wilayah Pos Kalipay bermata pencaharian sebagai petani. Biasanya sambil menunggu waktu panen tiba, masyarakat menjadi kurang produktif. Melihat peluang tersebut terlebih didukung oleh sumber daya yang melimpah, Wadan Satgas Yonif 126/KC Mayor Inf Wahidin Sobar, S.Sos. berinisiatif untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lidi dari daun kelapa untuk dijadikan kerajinan tangan berupa piring ingke yang merupakan salah satu produk yang bernilai ekonomis.

Dengan ide tersebut, personel Pos Kalipay yang telah memiliki kemampuan untuk membuat berbagai anyaman, langsung mengajak mama-mama dari dusun Dawa, Distrik Waris untuk belajar membuat piring ingke, dengan harapan produk yang dihasilkan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mama Desi (49) salah satu warga yang ikut pelatihan mengatakan “mama senang dan berterimakasih kepada bapak TNI yang telah mengajarkan cara membuat piring ingke dari lidi yang bisa dibuat tanpa modal tapi bisa dijual untuk dapat tambah uang”. Ujarnya.

Autentikasi Pen Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC

Published : Alvyyan/Hamdi Fahmi Sab

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top