Liputan Seputar TNI

Prajurit TNI AL Lantamal XII Selesai Pendidikan dapat Penghargaan dari Gubernur Kalbar

PONTIANAK – persbhayangkara.id KALIMANTAN BARAT

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum menerima dan sekaligus memberi pengarahan kepada Prajurit TNI Angkatan Laut yang baru selesai melaksanakan pendidikan dari Kodiklatal Satdik 1 Tanjung Uban yang berasal dari Kalbar bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (6/10/2022)

Sebanyak 40 orang prajurit TNI AL terdiri dari 19 orang Bintara dan 21 orang Tamtama
PK TNI AL Angkatan Ke-XLII yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat disambut langsung oleh Gubernur H. Sutarmidji, S.H., M.Hum didampingi oleh Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) dan sekalian memberikan pengarahan untuk melaksanakan tugas selanjut.

Gubernur H. Sutarmidji, S.H., M.Hum menyampaikan, “Saya mengucapkan selamat datang kembali di Kalbar dalam keadaan yang berbeda dari sebelumnya. Saya memberikan pesan yang sama yaitu pegang teguh disiplin, jujur, dan dukungan dari orang-orang baik di sekeliling kita maka insya Allah kita semua akan meraih kesuksesan dengan hal tersebut. Saya juga mengucapkan selamat melaksanakan tugas, jaga wilayah laut kita dan jaga kekayaan laut kita. Walaupun saudara adalah seorang prajurit namun agar senantiasa tetap menjaga aturan yang ada dengan baik dalam menjalankan tugas-tugas kedepan,” ucap Gubernur.

“Ini adalah awal dari kedinasan saudara, untuk itu penting juga untuk selalu menjaga karier. Jagalah karier saudara sebaik-baiknya dan jangan pernah melanggar aturan agar kariernya dapat berjalan denhan lancar. Selain itu selalu update pengetahuan saudara untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas kedepan,” lanjutnya.

“Kalbar memiliki 177 hektar hutan Mangrove dengan garis pantai 109 KM² ditumbuhi tanaman mangrove. Saat ini banyak hutan mangrove di Kalbar telah yang rusak karena ekpolitasi yang berlebihan, semoga dengan bertambahnya kekuatan TNI AL kedepan hutan-hutan mangrove di Kalbar akan terselamatkan dan semakin lebat sehingga dapat menyelamatkan pantai kita dari abrasi. Perlu diketahui, selama ini kita tidak mengetahui suatu kegiatan explorasi di wilayah kita. Suatu contoh adalah adanya kandungan uranium di wilayah Kalbar, namun kenapa negara asing yang sudah mengetahui potensi tersebut ada di wilayah kita. Sebaiknya hal tersebut harus dicegah dan tidak boleh terjadi lagi,” ujar H. Sutarmidji

Penekanan dari Gubernur, diharapkan kita semua sebagai bawahan, agar dapat memahami dan menguasai tugas masing-masing sehingga dapat memudahkan atasan untuk mengatur tugas-tugas kita kedepan. Dengan demikian pekerjaan kita akan dapat dilaksanakan secara tepat dan efisien. Tunjukkan kemampuan terbaik saudara dalam melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI AL.

“Saya berharap kedepan akan ada lebih banyak lagi putra Kalbar yang lulus dan bergabung menjadi prajurit TNI AL. Ceritakan yang baik-baik kepada pemuda-pemudi Kalbar bawalah teman-teman yang ada di kampung agar berminat untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL. Menurut saya dari sekian banyak TNI, tantangan terberat adalah TNI AL, dikarenakan di laut terdapat banyak mengandung kekayaan namun kekayaan tersebut masih belum dikelola dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Lantamal XII Laksma TNI Suharto menyampaikan, “Saya mengucapkan terima kasih telah membawa nama baik Kalbar dan Panda Pontianak selama melaksanakan pendidikan. Diharapkan kalian semua kedepan dapat menjadi penyemangat untuk pemuda/pemudi Kalbar agar bersedia bergabung menjadi prajurit TNI AL.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyerahan cinderamata dari prajurit TNI AL kepada Gubernur Kalbar dan Danlantamal XII kemudian foto bersama
dan ditutup dengan yel-yel oleh Bintara dan Tamtama PK TNI AL Angkt Ke-XLII.

Kegiatan penerimaan prajurit TNI AL oleh Gubernur juga dihadiri oleh Pejabat utama Lantamal XII, Asintel, Asops, Aspotmar, Asrena, Aspers Danlantamal XII dan Dansatrol, Dandenma Lantamal XII.

Sementara itu, Danlantamal XII Laksma TNI Suharto memberikan keterangan kepada awak media menyampaikan,
bahwasannya animo masyarakat Kalbar saat ini masih sangat minim, diharapkan kedepan pemuda pemudi Kalbar akan semakin banyak lagi untuk mendaftar menjadi calon prajurit TNI AL sehingga kebutuhan personel di Lantamal XII akan terpenuhi. Dengan demikian Lantamal XII akan dapat melaksanakan tugas negara dengan baik dikarenakan para personelnya merupakan putra asli daerah yang tentunya lebih menguasai dan mengenal wilayah Kalbar.

(Penulis:Mayor Edy
(Sumber:Dispen Lantamal XII)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top