Liputan Seputar TNI

Pangdam XII/Tpr Pimpin Upacara Parade, Berangkatkan Bansos dan Acara Syukuran HUT TNI ke-77

SANGGAU – persbhayangkara.id KALIMANTAN BARAT

Rabu 5/10/22, Upacara parade menjadi puncak peringatan HUT TNI yang ke-77 di Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Jalan Malindo PLBN Entikong, dilanjutkan pemberangkatan Bansos dan acara syukuran di Halaman Wisma Nusantara PLBN Entikong, Sanggau. Acara ini dipimpin langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M.

Pelaksanaan upacara parade berlangsung hikmad. Dalam rangkaian upacara, Pangdam XII/Tpr bersama Forkopimda serta Pengurus Dharma Pertiwi Daerah L menyerahkan bantuan sosial untuk para Veteran RI, masyarakat serta anak – anak perbatasan. Pangdam juga melepas distribusi bantuan berupa 1000 paket sembako untuk masyarakat perbatasan yang dalam penyalurannya dilakukan oleh para Babinsa.

Kemudian kegiatan dilanjutkan acara dengan syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam XII/Tpr didampingi Ketua Dharma Pertiwi Daerah L Ny. Helly Sulaiman Agusto. Potongan tumpeng diserahkan kepada Pasilog Kodim 1204/Sgu, Kapten Inf Asep Trisman Soemantri selaku Prajurit dengan masa dinas terlama.

Para petinggi TNI di Kalbar saat itu juga menerima ucapan selamat dan kue ulang tahun TNI ke-77 dari para pejabat Forkopimda. Pangdam XII/Tpr dalam kesempatan ini menerima kue ulang tahun dari Kapolda Kalbar, Danlantamal XII/Ptk menerima dari Sekda Kalbar sedangkan Danlanud Supadio menerima dari Kajati Kalbar.

Sebelum acara syukuran, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto menjelaskan, peringatan HUT TNI tahun ini sengaja digelar di wilayah perbatasan. Menurutnya, karena selama ini masyarakat perbatasan selalu bahu membahu membantu TNI-Polri dan semua stake holder menjaga wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia.

Pangdam dalam kesempatan tersebut bersyukur dan berterimakasih kepada masyarakat perbatasan yang telah ikut serta membantu rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI. Hal tersebut sesuai dengan tagline HUT TNI bahwa TNI Adalah Kita, artinya semua masyarakat bersama-sama dengan TNI.

“Kami juga mengadakan kegiatan sosial, pengobatan gratis, sunatan massal dan pembagian sembako kepada masyarakat di perbatasan. Sehingga masyarakat juga merasa bahwa TNI selalu ada bersama mereka, itu tujuan kami mengadakan disini,” kata Pangdam XII/Tpr.

Sebagai informasi, untuk menghibur Prajurit dan masyarakat perbatasan juga dilaksanakan pesta rakyat yang juga dibagikan kuliner atau makanan secara gratis. Dalam pesta rakyat ini diisi dengan kegiatan panggung prajurit, tari-tarian dan reog ponorogo serta atraksi pencak silat dari Prajurit Yonif 642/Kps dan PSHT Entikong. (Pendam XII/Tpr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top