Liputan Lintas Nasional

Meluncurnya 22 Bus Transjatim Koridor 1, Khusus Tujuan Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Launching di Terminal Porong

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Perlunya armada angkutan bagi masyarakat luas, dan sangat bermanfaat pula bagi masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan sendiri tentu sangat membutuhkan angkutan mikrolet atau bus angkutan, hari ini Jum’at tanggal 19/8/ 2022 di mulai pukul 14.34 hingga selesainya giat tersebut, bertempat di Terminal Porong Sidoarjo, Dusun Juwet, Desa Juwetkenongo, Kecamatan Porong, telah berlangsung kegiatan Launching Bus Transjatim Koridor 1, untuk area wilayah jurusan Sidoarjo-Surabaya-Gresik , serta berkenaan dalam rangka rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77 dan hari jadi Pemprov Jatim Tahun 2022, terminal Porong dihadiri sekitar 150 orang, dan sebagai penanggung jawab launching bus Transjatim Dr. Nyono, ST, MT (Kadishub Prov Jatim).

“Segenap para pejabat yang hadir mengikuti kegiatan tersebut, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansyah, M.Sc (Gubernur Jatim), Eri Cahyadi, ST, MT (Walikota Surabaya), H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P. (Bupati Sidoarjo), H. Fandi Akhmad Yani, S.E. (Bupati Gresik)
, H. Usman, M. Kes (Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo), dr Agung Mulyono (Ketua Komisi D Prov Jatim) , Yohanes Ristu Nugroho, ST (Wakil Ketua Komisi C Prov Jatim), Suharto, ATD. MM (Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat), Dr. Nyono, ST, MT (Kadishub Prov Jatim), Kombes Pol. Waluya, S.I.K (Kapusdik Sabhara Lemdiklat Polri), Beny Airlangga (Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo), Kompol Rochsulullah, SH (Kapolsek Porong), Kapten Arh Sudarsono (Danramil 0816/04 Porong), Fatkhul Azis (Kepala UPTD Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo, Choirul Anam, S.STP (Camat Porong), Kepala UPTD wilayah se-Jawa Timur, Para pimpinan OPD Provinsi Jawa Timur, Para pimpinan OPD Pimpinan Kabupaten Sidoarjo, Pimpinan Perbankan dari Bank Jatim, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI.

Tepat tiba pukul 14.34 Wib, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansyah, M.Sc (Gubernur Jatim) tiba di terminal Porong disambut Eri Cahyadi, ST, MT (Walikota Surabaya), H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P. (Bupati Sidoarjo), H. Fandi Akhmad Yani, S.E. (Bupati Gresik) diiringi Sholawatan, selanjutnya memberikan bantuan bingkisan kepada Tukang Becak, juga masyarakat umum, berlanjut memberikan bingkisan dan santunan kepada Anak Yatim.

Di dalam tribun panggung itu, tersaji Tarian Banjar kemuning tanda Selamat datang atas kehadiran Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansyah, M.Sc (Gubernur Jatim), tiba pukul 14.59 Wib, Laporan Dr. Nyono, ST, MT (Kadishub Prov Jatim) menyampaikan, acara launching bus transjatim 1 Surabaya Sidoarjo Gresik dalam keadaan sehat wal afiat di kesempatan ini kami menyampaikan laporan acara peresmian Bus TransJatim kode 1 Sidoarjo Surabaya Gresik sesuai dengan, Dasar undang-undang 22 tahun 2009 tentang lalu lintas, Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 74 tahun 2014 tentang angkutan jalan dan Permen HUT RI nomor 10 tahun 2012 tentang standar pelayanan.

Waktu pelaksanaan acara peresmian khusus transjatim koridor 1 Surabaya Sidoarjo Gresik dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 19 Agustus Tahun 2022 bertempat di terminal Porong Kabupaten Sidoarjo, demi mewujudkan bakti sosial, meningkatkan pelayanan angkutan massal pada wilayah Sidoarjo Surabaya Gresik untuk mengurangi kemacetan menurunkan emisi gas buang dan mengurangi angka kecelakaan.

Angka kecelakaan sudah termasuk memprihatinkan sehingga kami ingin ada pelayanan angkutan umum berbasis jalan yang baik sehingga memberikan kepercayaan bagi penumpang untuk kembali menggunakan angkutan umum dan pelan-pelan meninggalkan kembali sepeda motornya karena hampir 78% korban meninggal dunia kecelakaan di jalan akibat dari penggunaan sepeda motor. Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuktikan dan memberikan pelayanan agar dapat kembali dipercaya oleh masyarakat. Nanti yang beroperasi adalah sekitar 20 Armada operasional dengan cadangan 2 Armada sehingga total semua adalah 22 armada kemudian menggunakan bus medium harapannya agar tidak menambah kemacetan di jalan raya.

Lanjut sambutan Suharto, ATD. MM (Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat), memaparkan, Ijinkan saya di sini mewakili dari kementerian perhubungan karena kebetulan beliau pada waktu dan hari yang sama ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan, Saya bisa berdiri di sini sekaligus sebagai saksi atas tingginya komitmen Ibu Gubernur Jatim dan Pemprov Jatim, tentunya ada pemerintah dari wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik untuk terus mendorong penggunaan angkutan umum di berbagai wilayah kota.

Adanya peluncuran Bus Transjatim ini menjadikan suatu bukti komitmen, karena masih banyak para kepala Daerah di luar sana yang belum mengerti memahami terkait dengan kebutuhan masyarakat, bila berbicara tentang
Undang-Undang no. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan Angkutan jalan bahwa pemerintah wajib menyediakan layanan angkutan umum artinya bertanggung jawab sekaligus dan wajib menyediakan angkutan umum.

Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Jawa Timur, dukungan dari pemerintah kota Surabaya dan juga dukungan dari masyarakat Surabaya dan sekitarnya atas penggunaan Bus Transjatim yang terlihat konsepnya jelas, dan saya harapkan nantinya akan terintegrasi dengan angkutan Surabaya metropolitan tahun 2022, celetuknya.

Tiba pukul 15.33 Wib, Sambutan dukungan dari 3 Kepala daerah diwakili oleh H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P. (Bupati Sidoarjo) memaparkan,Kami ke 3 Kepala Daerah hadir disini adalah satu aglomerasi yang saling menguatkan dengan yang lain kita maju bersama, jadi kalau tadi sambutannya satu-satu ini langsung jadi satu, dari tangan Gubernur Jatim l, ini pertama kalinya di era ini Surabaya Sidoarjo dan Gresik jadi satu kesatuan bahwa di semua RPJMD, Kami bertiga dari tahun 2021 hingga tahun 2022 adalah yang paling hot, tentunya harapan kami kalau belajar dari DKI Jakarta mulai memproklamirkan transportasi massal dari tahun 2004 dan kelihatan kemudian hasilnya di tahun 2019.

Harapan Kami dalam momentum di tahun 2023 apabila gagal anggarannya jangan ditunda bahkan justru malah harus ditambah karena di setiap kegagalan itu pasti ada persentase keberhasilan. Ke depan apa yang menjadi cita-cita kita bersama untuk mewujudkan transportasi massal juga bisa berjalan, tutur Muhdlor.

Selanjutnya Bergerak pemberian miniatur Bus kepada 3 Kepala Daerah oleh Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansyah, M.Sc, dengan diiringi Sambutan Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansyah, M.Sc (Gubernur Jatim),
Alhamdulillah hari ini suasananya masih pada suasana “Cepat Pulih Buat Bangkit” ini tema besar bagaimana HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 ini menjadi semangat kita semua untuk memulai sesuatu yang bisa memberikan kekuatan publik.

Publik transportation ini sesuatu yang memang menjadi PR kita bersama, karena jumlah penduduknya makin banyak, tetapi luasan jalan relatif kecil, disitu pasti akan ada kemacetan, tapi kalau ada bus transjatim yang pertama sudah pasti diharapkan akan mengurangi macetnya jalan, dan kalau jalannya relatif tidak terlalu macet maka kemungkinan angka kecelakaan juga bisa dikurangi serta mengurangi gas emisi buang.

Di antara kekuatan ekonomi di ring 1 Jawa Timur ini diharapkan akan bisa membangun percepatan pertumbuhan yang lebih inklusif lagi pertumbuhan yang inklusif adalah pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Terkait ongkos karena nanti beda kepadatan penumpang beda juga ongkosnya jadi ada kepastian ongkos bagi penumpang itu menjadi penting. Dan konsentrasi anggaran dan program lebih signifikan untuk pabrik transportation, ini akan menjadi terkoneksi, jadi bagaimana sebetulnya koneksi satu Armada dengan Armada lain satu tujuan dengan tujuan lain, pungkasnya.

Tepat tiba pukul 16.00 Wib Prosesi launching angkutan jalan Bus Transjatim berbasis Aplikasi pula, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansyah, M.Sc (Gubernur Jatim) menguji kendaraan Bus Transjatim dengan menaiki keliling Terminal bersama Forkopimda.

Dari kru tim awak media menyampaikan,
Bahwa giat Launching Bus Transjatim Koridor 1, (Sidoarjo-Surabaya-Gresik) sebagai bentuk implementasi pelayanan publik yang baik dan dapat dijadikan tolak ukur hasil kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat, Wilayah Jawa Timur mempunyai mode transportasi baru jenis bus “Trans Jatim” sebanyak 22 Bus Trans Jatim dengan route Sidoarjo-Surabaya-Gresik menjadikan Jawa Timur melangkah maju dengan memberikan percepatan pelayanan bagi masyarakat. Sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top