Liputan Lintas Nasional

Gedung Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo di Resmikan Menteri PMK

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Hari ini Kamis tanggal 18/8/2022 di mulai pukul 11.24 hingga jam 12.50 Wib, bertempat di Jalan Erlangga nomor 222 Kecamatan Sidoarjo Kota telah berlangsung dilaksanakan peresmian Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo dengan pengikut berjumlah 80 orang, dan sebagai penanggung jawab Yessy Novita (Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo).

“Hadir Menteri PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia) di waklili Agus Suprapto (Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan),H Usman, M. Kes (Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo), I Made Puja Yasa (Deputi Direksi BPJS Kesehatan Jawa Timur), dr H M Zulfikar As’ad (Ketua Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU), Prof. dr. Ali Gufron Mukti (Direktur Utama BPJS Kesehatan), Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, SH,S.I.K (Kapolresta Sidoarjo) diwakili Kompol I Komang Yuwandi S, SH, SIK (Kapolsekta Sidoarjo), Dandim 0816 Sidoarjo diwakili oleh Mayor Chb Supriyanto (Kasdim 0816 Sidoarjo),Gundari M.si (Camat Sidoarjo)

  1. Para Rektor Universitas Negeri Jawa Timur.

Tepat tiba pukul 11.26 Wib, Acara pembukaan dilanjutkan tarian Banjar kemuning, lanjut sambutan I Made Puja Yasa (Deputi Direksi BPJS Kesehatan Jawa Timur) menyampaikan, Bahwa gedung BPJS kesehatan cabang Sidoarjo yang berlokasi di jalan Erlangga nomor 222 Kabupaten Sidoarjo pembangunannya dilaksanakan oleh kontraktor PT Surya sarana sentosa dengan konsultan perencana PT Hadiah Graha dan Manajemen Konstruksi dari PT Bangun Aejajar Prima pekerjaan konstruksi ini dimulai tanggal 17 Mei s.d selesai.

Dan Serah terima pada tanggal 18 Desember 2022 nilai pekerjaan konstruksi ini sebesar 216 juta, Adapun profil pembangunan BPJS cabang Sidoarjo ini, luas tanah 2476 M2 total luas bangunan 1974 M2 jumlah lantai bangunan utama ada 4 lantai dengan bangunan penunjang antara lain mushola, peserta ruang panel dan genset serta ruang pompa hidran.

Berkapasitas maaih bisa menampung jumlah rata-rata kunjungan di dalam pelaksanaan pelayanan kepada peserta itu rata-rata per hari 175 sampai 250 orang, Sampai dengan Agustus 2022 jumlah peserta JKN khususnya di Kabupaten Sidoarjo mencapai 1.925.411 jiwa atau sekitar 98,61% jadi kalau kita lihat peserta aktifnya masih di angka 68%.

Kami siap untuk melakukan proses redistribusi bila dibutuhkan, kemudian jumlah fasilitas kesehatan tingkat lanjutan ini ada 23 dengan 4 Rumah sakit kelas b 9 Rumah sakit klasik dan 10 rumah sakit kelas 3. Kesempatan ini kita juga akan memberikan kepada LLDIKTI dari perguruan tinggi negeri yang sudah berkomitmen di dalam mengawal instruksi Presiden nomor 1 Tahun 2022 terkait optimalisasi pelaksanaan program JKN di mana mewajibkan mahasiswa sebagai peserta aktif di dalam memasuki perguruan tinggi. Semoga kedepannya kolaborasi serta sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan bisa terus berjalan optimal untuk mewujudkan manusia Indonesia yang sehat dan kuat.

” Lanjut pukul 11.46 Wib Penyerahan plakat kepada 5 perguruan tinggi negeri Jawa Timur UNESA, ITS, UNAIR, UPN, UNMER MALANG bekerjasama LLDIKTI diserahkan oleh Prof. dr. Ali Gufron Mukti (Direktur Utama BPJS Kesehatan).

Sambutan Prof. dr. Ali Gufron Mukti (Direktur Utama BPJS Kesehatan), saya ucapkan terima kasih banyak atas undangannya, semoga Rahmat serta hidayah Allah SWT dilimpahkan kepada kita semua, untuk yang hadir di dalam acara peresmian gedung cabang Sidoarjo yang baru dan rupa-rupanya ini yang terluas di Jawa Timur. Peresmian kantor cabang Sidoarjo ini tentunya merupakan wujud komitmen dan manajemen dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat khususnya di Sidoarjo dan sekitarnya.

Gedung BPJS cabang Sidoarjo yang baru, dibangun untuk memudahkan akses serta meningkatkan aktivitas kendali operasional serta meningkatkan hubungan kemitraan dengan seluruh peserta JKN sebagaimana kita ketahui bersama bahwa dicanangkannya pelaksanaan jaminan kesehatan nasional per satu Januari 2014 lalu.

Bangsa Indonesia sebetulnya telah melakukan lompatan yang luar biasa besar dan mungkin kita memiliki BPJS atau program yang barangkali termasuk terbesar kalau tidak di dunia ya mungkin sebagian besar dunia dan BPJS ini pesertanya termasuk yang di Jawa Timur itu adalah terbanyak. Dari sebuah survei menyatakan top offline dari masyarakat Indonesia kalau ditanya apa yang ada di benak anda tentang asuransi kesehatan jawabannya itu apa yang Anda kenal BPJS, dari survei masyarakat dari 4000 orang.

Sampai dengan Agustus 2022 jumlah peserta JKNKIS khususnya di Kabupaten Sidoarjo tadi telah disampaikan oleh DPD direksi wilayah mencapai luar biasa sudah mencapai 98,61% , Peningkatan kualitas yang berkualitas tadi harus bisa tanpa kesulitan keuangan finansial zaman dulu sekitar 15 tahun yang lalu sebelum ada program JKN untuk pelayanan kesehatan apabila tiba-tiba sakit dan sakit itu tidak diundang kalau sakit mahal harganya.

Lanjut Sambutan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia) diwaklili Agus Suprapto (Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan), dengan ini saya sampaikan Citra BPJS dengan bangunan yang megah yang bersih dan luar biasa menjadi jiwa dan marwahnya kesehatan di Indonesia, saya sangat menghargai apa yang disampaikan dan diharapkan oleh semua teman-teman BPJS bisa meningkatkan value pelayanan kesehatan yang lebih baik di Indonesia.

Semua pasti pernah merasakan manfaat dari JKN waktu kita sakit,
dan Kita patut bersyukur dan terus memperbaiki kondisi pelayanan JKN. Pada hari ini Bapak Ibu sekalian Bapak Menko PMK mohon maaf tidak bisa hadir pada saat ini karena pada saat bersamaan ada peringatan hari konstitusi dan hari memperingati MPR yang ke-77 pada jam yang sama.

Tugas PMK perkembangan JKN dengan makin banyaknya yang terlibat di dalamnya ini sebagai indikasi-indikasi penting untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi semua, penilaian kinerja E-ktp sangat baik fitur-fitur dari BPJS. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kuncinya adalah dari keberhasilan jiwa dari SDM itu bukan masalah manajemen BPJS saja, bukan masalah manajemen yang para profile tertentu saja dan keuangan saja tapi pelayanan utama memperoleh yang esensial dengan sebaik-baiknya.

Masyarakat kita baik ekosistem yang diciptakan oleh JKN saat ini tentu akan menjadi cerminan bagi bangsa kita ke depan termasuk bangsa-bangsa lain semua sudah melihat Indonesia saat ini baik dari penanganan jaminan kesehatan nasional. Menko PMK dalam penugasannya menurut Perpres 35 tahun 2020 fungsi menko PMK dalam melaksanakan koordinasi sinkronisasi dan pengendalian semua program-program pemerintah khususnya di bidang kesehatan. Ke depan saya berharap harus gedungnya ramah bagi usia lanjut dan disabilitas sukses untuk gedung yang BPJS yang baru Semoga makin memperbaiki kualitas pelayanan di bidang jaminan pelayanan kesehatan, celetuknya.

Tepat tiba pukul 12.27 WIB, Prosesi pengguntingan ronce melati, Penandatanganan prasasti Kedung kantor BPJS kesehatan, serta lanjut peninjauan kantor BPJS kesehatan, situasi berjalan lancar dan aman.

Dari kru tim awak media disampaikan,bahwa peresmian Kantor BPJS Cabang Sidoarjo menjadi komitmen dari pihak manajemen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, nyaman, cepat dan tepat serta makin memperbaiki kualitas pelayanan di bidang jaminan pelayanan kesehatan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca media persbhayangkara. Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top