Liputan khusus

Wabup Deli Serdang: Buku Ajar dan Manajemen MDTA Menambah Wawasan dan Pengetahuan

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Sebagai sumber ilmu pengetahuan serta jendela dunia, buku berperan penting dalam mendukung dan membantu proses pembelajaran, baik untuk siswa maupun guru, hingga pimpinan sekolah demi menambah khazanah pengetahuan.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar pada acara launching Buku Ajar dan Manajemen Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di Aula Pusat Pengembangan Produk Unggulan (P3UD) Kabupaten Deli Serdang, Tanjung Morawa, Kamis sore (4/8/2022).

Buku, lanjut Wabup, sebagai pedoman pelaksana operasional harus menyajikan kaidah dan prosedur kebijakan manajemen pendidikan.

“Oleh karena itu, buku pelajaran yang baik dan bermutu, selain menjadi sumber pengetahuan yang dapat menunjang keberhasilan belajar siswa juga bisa membimbing dan mengarahkan proses belajar mengajar di kelas ke arah proses pembelajaran yang bermutu pula,” terang Wabup.

Wabup juga berharap kehadiran Buku Ajar dan Manajemen MDTA akan semakin menambah wawasan, pengetahuan dan keilmuan serta membantu para pimpinan lembaga pendidikan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta upaya dalam peningkatan manajemen pendidikan sekolah.

Sehingga, mutu pendidikan Indonesia, khususnya di Kabupaten Deli Serdang ke depan bisa lebih baik dan berkualitas. Ditambah lagi, Buku Ajar yang dikemas dengan design sampul mengangkat kearifan lokal khas Deli Serdang semakin menambah rasa cinta pada nilai-nilai budaya daerah.

“Semoga dengan terbitnya buku ini, menjadi salah satu upaya kita dalam menjaga kelestarian kebudayaan khas Deli Serdang serta akan memberi semangat edukasi dan kualitas bagi madrasah yang hebat, bermartabat serta menjadi bagian referensi dalam memahami prosedur-prosedur manajemen dan kepemimpinan pendidikan dalam memajukan akademisi dan intelektual antar madrasah di Kabupaten Deli Serdang,” harap Wabup.

Yusuf Siregar juga menyelipkan pesan kepada semua pihak agar bisa memiliki buku tersebut, terutama para pimpinan sekolah atau Madrasah, selaku manajer pendidikan di tempatnya masing-masing, serta memahami tugas dan peran sebagai pimpinan atau manajer pendidikan dalam mencerdaskan anak-anak agar semakin unggul, maju dan berkualitas. Sehingga visi misi Deli Serdang yang maju dan sejahtera dapat segera terwujud.

Launching Buku Ajar dan Manajemen MDTA tersebut turut dihadiri Guru Besar Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Prof Dr H Syaiful Akhyar Lubis MA, Guru Besar Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Prof Dr Chandra Wijaya MPd, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Deli Serdang, Drs H Abdul Haris Harahap MAP, Inspektur Kabupaten Deli Serdang, Edwin Nasution SH, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Yudy Hilmawan SE MM, Kepala Dinas Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Deli Serdang, Drs H Misran Sihaloho MSi, Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Budporapar) Kabupaten Deli Serdang, Suriadi SSos, Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan) Kabupaten Deli Serdang, Safii Sihombing SIP MAP, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (setdakab) Deli Serdang, Mukti Ali Harahap SAg MSi, Ketua Ikatan Guru Diniyah Takmiliyah (IGDT) Deli Serdang, H Khairul Anwar MA, ketua panitia dan perwakilan para guru Diniyah Takmiliyah se-Kabupaten Deli Serdang. (Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top