Liputan Lintas Nasional

Gubernur Jatim Resmikan Kantor UPT Bapenda Sidoarjo yang Baru

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kantor gedung Bapenda Sidoarjo yang baru pada hari Rabu tanggal 27/7/2022 di mulai pukul 09.20 hingga jam 10.45 Wib, Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si) telah meresmikan Kantor UPT Pengelolahan Pendapatan Daerah Sidoarjo (Bapenda Prov. Jatim) di jalan pahlawan no. 41 Sidoarjo.

“Hadir segenap para pejabat Kabupaten Sidoarjo, Bupati Sidoarjo (H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P.),Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Kusomo Wahyu Bintoro, SH,S.I.K (Kapolresta Sidoarjo) , Letkol Inf Masarum Djati laksono (Dandim 0816 Sidoarjo) Achmad Muhdhor, SH. MH (Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo),Asisten III Provinsi Jatim, Sekda Provinsi Jatim, Anjar Surjadiyanto (Plh. Sekda Sidoarjo), Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Utama Jatim, Dwi (Kabag Asuransi) dan Dicky Syiwa Permadi, Dirut Bank Jatim, Inspektorat Provinsi Jatim, Ponco Admojo (Kepala Bapenda Provinsi Jatim), Kepala Bapeda Kabupaten Sidoarjo, Kepala BPKAD Provinsi Jatim, Kepala Bakorwil Malang , Kadis PU CK Provinsi Jatim,Para Pejabat di lingkungan Bapenda Provinsi Jatim, Para Kepala UPT Bapenda Provinsi Jatim, Gundari S. Sos. M. Si (Camat Sidoarjo), Kapolsekta Sidoarjo, Kapt Chb Kamsuri (Pasi Terdim 0816 Sidoarjo dan Pj Danramil 0816/01 Sidoarjo).

Tiba pukul 09.20 wib Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansyah, M.Si tiba di Kantor UPT Pengelolahan Pendapatan Daerah Sidoarjo di sambut Forkopimda Sidoarjo,lanjut dengan
memberi santunan kepada anak yatim piatu, serta pemutaran Video sejarah Proses Pembangunan Kantor UPT Pengelolahan Pendapatan Daerah Sidoarjo.

Lanjut laporan Ponco Admojo Abimanyo Kepala Bapenda Provinsi Jatim, memaparkan, Dalam rangka mendukung kinerja pemungutan PAD dan pelayanan ke masyarakat, Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur di dukung dengan keberadaan 35 UPT dan 46 Samsat yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Timur termasuk salah satunya adalah UPT Sidoarjo .

Kantor UPT pengelolaan pendapatan daerah Sidoarjo merupakan unit pelaksana teknis yang memiliki potensi penerimaan PKB dan BPNKB terbesar di Jawa Timur, dengan target 846 miliar dan sampai dengan semester 1 Tahun 2022 setelah terealisasi sebesar 516 atau 59,82% , salah satu unsur pelaksana teknis Sidoarjo memiliki tugas dan fungsi sebagai pelaksana pemungutan pajak dan Retribusi berjalan dengan baik.

Di tengah pandemi covid 19, Gubernur Jatim mengalokasikan anggaran APBD untuk pembangunan UPTD Sidoarjo dan pembangunan Samsat di Kabupaten Gresik demi pelayanan terbaik kepada masyarakat, Pembangunan gedung kantor UPTD Sidoarjo kami mulai pada tahun 2021 diawali dengan pembangunan gedung kantor dengan biaya sebesar 2 miliar 500 juta rupiah,Tahun 2022 ini dilanjutkan proses pembangunan sarana pendukung yang meliputi peningkatan atau peninggian paving pembuatan tempat kendaraan dengan biaya yang besar.

Di semester 1 Tahun Anggaran 2022 fasilitas dan sarana prasarana pendukung lainnya harapan kami semua dapat memberikan energi baru dan manfaat positif dalam rangka mendukung operasional optimalisasi penerimaan negara dan peningkatan pelayanan masyarakat, ini pun juga dalam rangka meringankan beban masyarakat Jawa Timur akibat pandemi covid 19, Pemprov juga memberikan perpanjangan kebijakan pembebasan pajak sampai dengan 30 September 2022 sampai dengan tanggal 26 Juli 2023, pungkasnya.

Berlanjut Sambutan Bupati Sidoarjo, Atas nama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mewakili seluruh masyarakat Sidoarjo bahwa Provinsi Jawa Timur tentunya bapenda sudah memfasilitasi Kabupaten Sidoarjo dengan baik,
Memecah Samsat menjadi 2 samsat , Hari ini ada peresmian UPT Sidoarjo Bapeda Provinsi Jawa Timur, hasil dari pendapatan provinsi khususnya anggota berkaitan dengan Samsat dan sebagainya walaupun 70-30 Kabupaten Sidoarjo tidak akan goyah dan bergoyang Kabupaten Sidoarjo ini. Apalagi perihal setiap ruas jalan yang ada di Kabupaten Sidoarjo, kalau itu jalannya provinsi bolong maka Pemkab Sidoarjo segera mengaspal karena kita dibantu sama Forkopimda Sidoarjo, imbuhnya.

Tiba pukul 09.58 wib paparan dan arahan oleh Gubernur Jatim, ada hal yang memang harus dibangun, cita-cita bersama di satu titik kita bersama sedang merenovasi gedung Kantor Bapenda di Sidoarjo, tapi sisi lain ada hal yang harus kita antisipasi bersama karena Dampak ekonominya dan kita tidak berharap menjadi beban masyarakat .

Apalagi perihal proses vaksinasi bagi ternak bisa dipercepat, karena vaksinnya sudah turun ke seluruh kabupaten kota Jadi mohon bisa dipercepat kalau ada tim vaksinator yang kurang mungkin bisa berkomunikasi dengan Dinas peternakan Provinsi Jawa Timur.

Pemprov Jatim juga sudah berkolaborasi dengan Polda Jatim, dan Kodam V Brawijaya juga sudah berkolaborasi, kita sanggup menurunkan Tim vaksinasi pada covid-19 dan vaksinasi pada hewan ternak, dan muda mudahan penyakit PMK segera teratasi, tutur Khofifah.

Alhasil pukul 10.05 Wib Gubernur Jatim didampingi Bupati Sidoarjo menanda tangani Prasasti Peresmian Kantor UPT Pengelolahan Pendapatan Daerah Sidoarjo, dengan ditandai menggunting tali pita, selanjutnya meninjau ruangan Kantor UPT Pengelolahan Pendapatan Daerah Sidoarjo.

Dari pantauan tim awak media disampaikan, Gubernur Jatim beserta Forkopimda Sidoarjo,dalam teleconference nya menjelaskan, kantor gedung yang baru ini,agar bisa digunakan oleh seluruh pengguna layanan dari UPT BPD Bapendes Sidoarjo, tentu tidak hanya masyarakat Sidoarjo karena proses untuk bisa mendapatkan layanan ini bisa dilakukan oleh siapapun kapanpun dan di manapun bisa menyampaikan.

Terima kasih kepada Kepala Bapenda Provinsi Jatim yang inisiatif merenovasi kantor UPT Pengelolahan Pendapatan Daerah Sidoarjo, mudah-mudahan ini menjadi bagian dari penguatan, Sinergi layanan publik, terima kasih kepada Dirlantas Polda Jawa Timur yang selama ini membangun Partnership luar biasa dengan kami dari Jasa Raharja, Bank Jatim juga memberikan supportnya yang luar biasa. Terima kasih pak Kapolresta dan Dandim Sidoarjo, mudah-mudahan semuanya memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kualitas layanan masyarakar di Sidoarjo, imbuhnya.

Sungguh sangat luar biasa terobosan Gubernur Jatim Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa serta ide gagasan Bapenda Provinsi Jatim, Pemprov Jatim bertujuan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top