Liputan Lintas Nasional

Menteri ATR /BPN Pusat dengan Tim Terpadu Provinsi Jambi Hadiri Rapat Penyelesaian Konflik SAD 113

PERSBHAYANGKARA.ID – JAMBI

Pada tanggal 23 Juli 2022 pukul 08.30 WIB di Aula Rumdis Gubernur Jambi dilaksanakan, Rapat Bersama Menteri ATR /BPN dengan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Provinsi Jambi, Terkait penyelesaian Konflik SAD 113 dengan PT BSU. Berkat Sawit Utama di Kabupaten Batanghari yang di hadir oleh, Marsekal TNI Purn Hadi Tjahjanto Menteri ATR/ BPN, Dr. Al Haris, Sos, M.A selaku Gubernur Jambi, Edi Purwanto selaku Ketua DPRD Provinsi Jambi, Irjen Pol A. Rahmat Wibowo, SIk kapolda Jambi, Brigjen TNI Supriyono, SIP serta DANREM 042 Gapu, para staf ahli menteri, Wartomo A. Ptnh SH, MH selaku Kanwil BPN Provinsi Jambi, Kabang Kesbangpol Provinsi Jambi.

Perwakilan tokoh-tokoh masyarakat SAD 113 dan pendamping turut hadir dalam rapat bersama Bapak Menteri ATR/BPN RI,
Adapun Perwakilan dari SAD 113 yang turut hadir dalam rapat diantaranya,
Abas Subuk Ketua SAD 113,Nurman Juru bicara SAD 113, Abun Yani tokoh SAD 113, Salim piate tokoh SAD 113, Damsi tokoh SAD 113,Didit Rahmat tokoh SAD 113,Roni tokoh SAD 113,Muhamad.kancil tokoh SAD 113,Urus tokoh SAD 113
,Intal tokoh SAD 113,Aripin tokoh SAD 113, Sani tokoh SAD 113, Pawan tokoh SAD 113,Simin Said tokoh SAD 113, Mahyudin pendamping SAD 113, Mawardi pendamping SAD 113.

Adapun perwakilan PT. Berkah Sapta Palma(BSP) Dihadiri oleh Edi gusanto Het operasional, Husin, Herwindo GM Cab Prov Jambi dan Dani Moldoko Perwakilan BSU. Dihadiri oleh Perwakilan dari Koperasi Perkebunan Karya Maju.
Feriharyadi selaku Ketua Kop Perkebunan Karya Maju, Sukamto Petani, Samsir Pengawas, Ramlan Anggota Koperasi.

Hasil dari pertemuan mendapat kesepakatan dan memutuskan,
Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) 113 sepakat menerima lahan yang disediakan seluas 750 Ha,di areal lahan Koperasi Perkebunan Karya Maju (KPKM) yang bekerjasama dengan PT. Berkah Sapta Palma BSP.

Penyelesaian penyedian lahan untuk Kelompok Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) 113 seluas 750 Ha,Akan dilaksanakan selambat-lambatnya 30 Agustus 2022.Antara pemilik lahan Koperasi Perkebunan Karya Maju (KPKM) yang bekerjasama dengan PT. Berkah Sapta Paima BSP dengan PT. Berkat Sawit Utama BSU,yang akan digunakan untuk mengakomodir tuntutan Kelompok Masyarakat SAD 113.

Kelompok Masyarakat SAD 113 yang sudah di verifikasi dan terakomodir oleh Tim Terpadu,penanganan konflik sosial Provinsi Jambi tahun 2020-2021 sebanyak 744 Jiwa.

Dalam hal Ini adalah upaya terakhir dalam rangka penyelesaian konflik pertanahan antara PT BSU dan Kelompok Masyarakat SAD 113 dan tidak ada SAD lainnya.

Kelompok Masyarakat SAD 113 bersedia menjaga kondusifitas di lokasi sampai proses penyelesaian yang telah disepakati pada poin 1 dan 2 di atas terealisasi.

Apabila belum tercapai kesepakatan sampai tanggal 30 Agustus 2022 maka,akan kembali ke Peta Survei Mikro 3.550 Ha, untuk mengetahui letak luas dan batas akan ditentukan kemudian oleh pihak-pihak yang berkompeten, atau pemerintah provinsi dibantu Kanwil BPN Provinsi Jambi dan FORKOPIMDA Provinsi Jambi.

Pada prinsipnya, Kelompok SAD 133 bisa menerima kesepakatan yang di buat bersama dalam Penyelesaian, penyedian lahan untuk Kelompok Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) 113 seluas 750 Ha,akan dilaksanakan selambat-lambatnya 30 Agustus 2022 antara pemilik lahan Koperasi. Perkebunan Karya Maju KPKM,yang bekerjasama dengan PT. Berkah Sapta Paima BSP dengan PT. Berkat Sawit Utama BSU.

Hermanto

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top