Liputan Lintas Nasional

Kenalkan Sentra Unggulan UMKM Kota Delta pada Kunjungan Tamu GOW Banjarbaru

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Ketua dan pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab Sidoarjo menerima kunjungan kerja Pengurus GOW dari Banjarbaru, Jum’at (22/7) di ruang Transit pendopo Delta Wibawa.

“Kami mengucapkan terima kasih atas diterimanya rombongan kami. Tujuan kedatangan kami belajar cara mengangkat UMKM Gowa dan UMKM Banjarbaru,” kata Ketua rombongan Salma Mellenia.

Salma Millenia menyampaikan UMKM Banjarbaru berjumlah 1.723 yang banyak bergerak di dunia fashion, kuliner dan ada yang masih belum terdata.

Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor (Ning Sasha) dalam sambutan balasannya menyampaikan UMKM yang ada di Sidoarjo ini cukup banyak. Di setiap kecamatan ada kurang lebih 100 UMKM bahkan ada yang lebih dari 500, sehingga jika dijadikan satu bisa belasan ribu UMKM. Sedangkan data di Dekranasda sudah terdaftar UMKM binaan dengan jumlah hampir 500 UMKM .

Ning Sasha menambahkan pengrajin Kulit Tanggulangin menjadi salah satu sentra andalan UMKM yang beberapa saat kemarin sempat terpuruk karena pandemi, sekarang mulai menggeliat lagi.

“Metode pemasaran secara online sehingga banyak menerima order-order dari luar daerah dan jadi satu kebanggaan walaupun pandemi namun masih berproduksi,” ujarnya.

Ning Sasha memaparkan produksi Sidoarjo lainnya yang terkenal adalah batik. “Di Kampung Batik Jetis semua pengrajin batik mayoritas menerima orderan. Tapi ditekankan agar tetap menggunakan motif khas Sidoarjo yakni udang bandeng serta beras kutah,” katanya.

Selain itu, di Porong ada desa “sayangan” yang khusus produksi alat dapur seperti panci, oven kebanjiran permintaan hingga dari luar negeri.

Hj.dr. Sriatun, Ketua GOW Kab Sidoarjo menyampaikan semua program GOW berjalan lancar berkat dukungan dan Support dari Penasehat GOW Hj. Sa’adah Ahmad Muhdlor yang sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Sidoarjo.

“Bapak Bupati dan Wabub Sidoarjo gencar menjalankan 17 program prioritas. Salah satunya kredit bagi usaha kecil Kurma, pemberian stimulus modal usaha bagi perempuan mandiri. Ada juga renovasi warung rakyat, dan sebagainya,” katanya. Yu/sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top