Kronik polri

Wabup Subandi Meminta Dinas PUBMSDA Segera Normalisasi Kali Gogoh Tropodo

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Seringnya banjir tiap tahun yang melanda kawasan Tropodo dan sekitarnya di Kecamatan Waru Sidoarjo ketika hujan lebat melanda menjadi perhatian Pemkab Sidoarjo. Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi SH didampingi Plt. Kepala Dinas PUBMSDA Sidoarjo Dwi Eko dan Camat Waru Mahendra Rudi melakukan sidak kali Gogoh yang berada di daerah Tropodo, Jumat (8/7). Dari Sidak tersebut diketahui adanya pendangkalan kali Gogoh sehingga membuat wilayah Tropodo dan sekitarnya banjir. Untuk itu Wabup H. Subandi meminta secepatnya lakukan normalisasi kali Gogoh agar tidak terjadi banjir di wilayah Tropodo dan sekitarnya.

“Pasca melihat dari dekat jalan rusak disekitar jalan utama raya Tropodo, melanjutkan sidak pengecekan kali Gogoh mengalami pendangkalan yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah Tropodo dan sekitarnya,”ucapnya.

Dalam Sidaknya Wabup H. Subandi turun langsung melihat betapa kali Gogoh mengalami pendangkalan dan tumbuh tanaman rumput liar yang tinggi. Kali Gogoh merupakan sungai yang menghubungkan aliran air wilayah Tropodo ke muara laut.

Kepala Desa Tropodo Khusaini membenarkan jika wilayahnya sering kali terjadi banjir karena kali Gogoh mengalami pendangkalan. Disamping itu kali Gogoh berbatasan dengan pabrik-pabrik yang rapat sehingga normalisasi agak susah dilakukan.

Melihat kondisi tersebut Wabup Subandi langsung menuju ketempat pabrik yang berbatasan langsung dengan kali Gogoh. Ditempat tersebut ia meminta pemilik pabrik supaya mengijikan alat berat sejenis bego dapat melewati sekitar pabrik untuk segera melakukan kegiatan normalisasi.

“Saya memohon kepada PT. Teja Sekawan untuk mengijinkan alat berat bisa lewat pabrik ini dan mendukung normalisasi sungai agar ada celah bisa merawat atau membersihkan sungai-sungai tersebut yang kadang keruh atau buntu,” pintanya.

Lebih lanjut Wabup Subandi meminta dinas PUBMSDA Sidoarjo untuk secepatnya melakukan normalisasi kali Gogoh. Diharapkan dalam bulan ini normalisasi dapat dilakukan supaya tidak terjadi banjir di wilayah Tropodo dan sekitarnya. (Mas/sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top