Liputan Lintas Nasional

Gedung Perpustakaan Umum Batanghari Diresmikan oleh Bupati dan Kepala Perpustakaan RI

BATANGHARI – persbhayangkara.id JAMBI

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari meresmikan gedung fasilitas layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Batanghari pada Kamis (07/07/2022).

Peresmian dihadiri Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief Serta dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando yang diwakili Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI, Deni Kurniadi.

Perpustakaan Daerah ini berada diposisi yang sangat strategis terletak di Jalan Jendral Sudirman KM 6 Kelurahan Rengas Condong, Muara Bulian.
Pembangunan gedung fasilitas layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Batanghari melalui anggaran DAK 2021.

Bupati didampingi Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI melakukan pemotongan pita dan penandatangan prasasti menandakan gedung Perpusda ini resmi difungsikan.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Batanghari, Deni Eko Purwanto turut mendampingi Bupati, Deputi beserta para tamu undangan melihat semua sisi dari gedung Perpusda itu.

Disela-sela peninjauannya Deni menjelaskan semua sudut gedung yang berisikan galeri Bupati dan Wakil Bupati semua periode, ruang koleksi buku, hingga sarana dan prasarana yang ada di Perpusda.

Deni menjelaskan kegiatan hari ini berasal dari dana sharing antara Perpusnas RI dan APBD Kabupaten Batanghari.
Setelah gedung ini diresmikan kata Deni ada rangkaian kegiatan lain yang berpusat di Gedung Pemuda Muara Bulian.
“Pembangunan gedung ini dibiayai oleh Perpusnas RI sebesar Rp 10 miliar setahun lalu,” kata Deni.

Sementara itu, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyampaikan terimakasih kepada Kepala Perpunas RI bahwa atas bantuannya Pemkab Batanghari mendapat DAK untuk pembangunan Gedung Perpustakaan.
“Allhamdullilah sudah diresmikan saat ini sudah bisa dipakai,” katanya.
Lebih lanjut Fadhil Arief menyampaikan meski dari hasil peninjauan tadi masih banyak yang perlu disempurnakan.
“Jika masih ada bantuan lagi, kami akan terima terus, Pak,” ucap Fadhil.

Bupati menyampaikan masih banyak keterbatasan dari kekuatan fiskal Kabupaten Batanghari terhadap problematika yang dihadapi masyarakat Kabupaten Batanghari.

Ketua DPW PPP Jambi ini mengajak semua masyarakat bagaimana bisa meningkatkan literasi di tengah kemajuan teknologi saat ini.“Kita tahu, kebetulan saya memeluk Agama Islam dan sebagian besar masyarakat Batanghari Agama Islam tapi kita yakin agama lain punya ajaran yang sama. Bahwa ayat pertama kali yang diturunkan Allah ke dunia ini yaitu Iqra artinya baca. Baca ditafsir yang sangat luas. Membaca yang tersurat dan membaca yang tersirat,” ujar Bupati.

Usai peresmian gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Batanghari, Bupati, Deputi dan tamu undangan melanjutkan rangkaian kegiatan berikutnya di Gedung Pemuda Muara Bulian.

Adapun kegiatan itu pertama melakukan Penandatangan nota kesepahaman antara Perpusnas RI dan Pemda Batanghari serta perguruan tinggi di Jambi, kemudian dilanjutkan dengan Talkshow pengingkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan.

(Hermanto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top